Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Agustus 2017 | 17:43 WIB

Hak Angket Dinilai Jalan Pintas untuk Gembosi KPK

Oleh : Indra Hendriana | Minggu, 18 Juni 2017 | 03:01 WIB
Hak Angket Dinilai Jalan Pintas untuk Gembosi KPK
Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Hak angket yang digulirkan DPR kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dinilai sebagai jalan pintas untuk menggembosi lembaga antirasuah itu untuk membongkar kasus korupsi.

"Saya merasa tidak punya argumen lain kecuali (hak angket) untuk itu (menggembosi KPK) begitu," kata Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti pada INILAHCOM, Sabtu (17/6/2017).

Sebab, hak angket itu terksesan dibuat-buat dan hanya untuk mencari-cari kesalahan KPK. Dan pada akhirnya hak angket itu menghasilkan rekomendasi merevisi Undang-undang KPK.

"Mereka ingin ke sana (merevisi UU KPK) salah satunya itu," ujar Ray.

Wacana revisi UU KPK memang sempat digulirkan beberapa waktu lalu. Namun, pada akhirnya selalu gagal. Banyak pihak yang melihat revisi UU itu untuk melemahkan KPK.

Wakil Ketua Pansus KPK, Risa Mariska sebelumnya menepisa hak angket adalah untuk menggembosi KPK dalam memberantas korupsi di negeri ini. "Tetapi lebih kepada perbaikan kinerja KPK," kata Risa beberapa waktu lalu.

Anggota Komisi III DPR itu menjelaskan pada prinsipnya pansus ini dibentuk untuk melakukan penyelidikan atas adanya indikasi pelanggaran Undang-undang terkait dengan kinerja KPK, sehingga bukan juga terkait dengan kasus e-KTP yang disidik KPK.

Untuk diketahui, anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa terpilih sebagai Ketua Pansus Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sedangkan, posisi Wakil Ketua diisi oleh Risa Mariska dari PDI Perjuangan, Dossy Iskandar dari Partai Hanura dan Taufiqulhadi dari Partai NasDem. [ind]

Tags

 
x