Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 September 2017 | 20:33 WIB

Daerah Ini Imbau Pemudik Waspadai Titik Longsor

Oleh : Fadhly Zikry | Sabtu, 17 Juni 2017 | 16:00 WIB
Daerah Ini Imbau Pemudik Waspadai Titik Longsor
facebook twitter

INILAHCOM, Agam - Sebanyak enam titik rawan longsor di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, jika terjadi hujan yang harus diwaspadai pemudik Lebaran 1438 Hijriyah.

"Enam titik rawan longsor ini akibat badan jalan berada di daerah perbukitan," kata Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, Sabtu (17/6/2017).

Keenam titik rawan longsor itu berada di Fanta Kecamatan Matur, Sungai Landia Kecamatan Ampek Koto, Tanjung Sani Kecamatan Tanjungraya, Lubuk Gadang Kecamatan Palembayan, Bukik Apiak Kecamatan Malalak dan Palupuh.

"Lokasi rawan longsor itu sudah diidentifikasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerja Umum dan Tata Ruang Agam," ujarnya.

Untuk mengatasi itu, Pemkab Agam akan menyiapkan alat berat dari Pemkab Agam dan Pemprov Sumbar. Alat berat itu, nantinya akan langsung membersihkan material longsor yang menimbun badan jalan agar pengendara tidak terganggu.

Selain menyiapkan alat berat, Pemkab Agam juga memasang imbauan dan rambu-rambu rawan kecelakaan di lokasi itu.

"Saat curah hujan tinggi, organisasi perangkat daerah (SOP) juga siap siaga untuk memberikan pertolongan saat tanah longsor melanda daerah itu," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Agam Budi Perwira Negawa mengatakan, imbauan, rambu-rambu petunjuk jalan sebanyak 200 lembar ini dipasang pada Jumat (16/6).

"Imbauan dan rambu-rambu petunjuk jalan ini dipasang di seluruh kecamatan di Agam," katanya.

Ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara saat melewati daerah itu, agar mereka tidak menjadi korban nantinya. [tar]

 
x