Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 06:48 WIB

Jokowi Ingin Anak Indonesia Tak Cebol

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 16 Juni 2017 | 13:04 WIB
Jokowi Ingin Anak Indonesia Tak Cebol
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Banyumas - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara program penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di Alun-alun Lama Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (16/6/2017).

Dalam kesempatan ini, Jokowi mengingatkan bahwa dana program PKH harus difokuskan untuk gizi anak-anak para penerima.

"Ini untuk gizi anak. Tidak boleh untuk membeli rokok. Kalaubketauan langsung kartunya akan dicabut. Janjian ya!" tegas Jokowi.

Untuk PMT, Kepala Negara menegaskan biskuit yang diberikan harus enam keping untuk usia anak-anak.

"Boleh siang makan tiga. Ini punya komposisi tinggi sekali. Jadi, anak kurus bisa tambah berat badannya. Saya lihat anak-anak badannya bagus-bagus," ujarnya.

Untuk balita usia enam hingga sebelas bulan perlu diberikan bantuan makanan tambahan biskuit delapan keping per hari.

Kemudian untuk anak usia satu hingga lima tahun diminta untuk diberikan bantuan makanan berupa biskuit sebanyak dua belas keping.

"Supaya anakanak ini tidak kurus, kayak saya ini. Gedein sedikit. Ini komposisi gizinya tinggi sekali. Kemudian untuk ibu hamil, mana? Diingat umur kandungan satu hingga tiga bulan dua keping per hari. Jangan banyak-banyak, nanti bayinya gemuk tidak baik. Untuk bayi umur lebih dari tiga bulan, tiga keping per hari," jelasnya.

Presiden RI pun menyampaikan bahwa kandungan gizi merupakan hal yang sangat penting, demi kesehatan anak-anak bangsa.

"Akan pintar kalau gizi cukup, selain diberi roti dan biskuit berikan juga ikan, daging ayam dan sapi serta sayuran. Ini penting karena 10 tahun akan datang persaingan ketat sekali, anak-anak harus pintar. Persaingan antarnegara ketat sekali. Anak harus gizi baik, sehat sehingga anak kita pintar. Saya titip itu," imbuhnya.

Pemberian makanan tambahan berupa biskuit, lanjutnya, merupakan solusi yang baik untuk menambah gizi anak-anak.

"Gizi anak kita perhatikan betul. Jangan sampai ada anak cebol. Tadi ada tambahan roti biskuit baik bagi ibu hamil dan anak, agar negara kita punya SDM baik, pintar dan sehat agar bisa bersaing," tandasnya. [rok]

Tags

Komentar

 
x