Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 23:26 WIB

NasDem Desak Sultan Mahmud Jadi Pahlawan Nasional

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Kamis, 15 Juni 2017 | 21:34 WIB
NasDem Desak Sultan Mahmud Jadi Pahlawan Nasional
Anggota DPR Fraksi Partai NasDem Nyat Kadir - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota DPR Fraksi Partai NasDem Nyat Kadir mendesak pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional untuk Sultan Mahmud Riayat Syah. Menurut dia, sosok Sultan sangat layak dijadikan pahlawan nasional.

"Sekarang visi pemerintah ingin angkat wilayah kemaritiman sebagai potensi Indonesia," kata Nyat Kadir di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Ia menjelaskan Sultan Mahmud merupakan salah satu sosok pejuang kemerdekaan yang gigih mengusir Belanda dari monopoli perdagangan timah dan hasil laut maritim yang saat itu menduduki Kepulauan Riau.

"Inilah saatnya pemerintah hargai pahlawan yang berjuang puluhan tahun yang lalu, apalagi pada saat sekarang visi pemerintah ingin angkat wilayah kemaritiman sebagai potensi Indonesia," ujarnya.

Menurut dia, yang hebat dari Sultan Mahmud ini adalah strategi perang grilya laut itu. Salah satunya pada tahun 1787 saat Belanda menduduki Ibukota yang sekarang disebut Tanjung Pinang, Sultan Mahmud dengan bantuan persenjataan armada laut dari Raja Sabah berhasil mengusir Belanda.

Selain itu, Nyat Kadir mengatakan Sultan Mahmud juga tokoh yang peduli dengan keberagaman. Berbagai suku di antaranya Bugis, Flores, Jawa dan Melayu dapat bersatu di bawah kepemimpinan Sultan.

"Yang menarik bagi NasDem karena beliau telah memperjuangkan NKRI atau Nusantara saat itu, dan Bhineka Tunggal Ika dari dulu," jelas dia. [rok]

Tags

Komentar

 
x