Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 September 2017 | 20:30 WIB

Ridwan Kamil Siap jadi Saksi Kasus Pungli

Oleh : - | Kamis, 15 Juni 2017 | 14:39 WIB
Ridwan Kamil Siap jadi Saksi Kasus Pungli
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil siap menjadi saksi dalam persidangan kasus dugaan pungutan liar yang menjerat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Dandan Riza Wardana.

"Saya belum ada panggilan. Apapun sebagai warga mah harus taat pada hukum. Kalau dipanggil saksi siap, tidak juga ga ada masalah," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Kamis (15/6/2017).

Pria yang akrab disapa Emil ini mengaku jika nanti dipanggil untuk menjadi saksi, dirinya akan bercerita secara terbuka. Bahkan, pihaknya akan menyampaikan bahwa Kota Bandung telah menerapkan sistem E-Goverment untuk mengindari pungli.

"Saya akan bercerita apa adanya dan seterusnya. Kan justru sebagai wali kota, sudah banyak reformasi birokrasi khususnya dengan IT untuk menghindari pungli-pungli kan," kata dia.

Ia mengatakan, siapapun yang terjerat hukum, haruslah mengikuti seluruh prosedur yang berlaku. Pasalnya, benar atau tidaknya suatu hukum akan diputuskan oleh majelis hakim.

"Karena sudah masuk dalam dakwaan tentunya keadilan harus ditegakan nanti disana hakim akan membuktikan apakah tudingannya betul atau tidak," katanya.

Sebelumnya, Polisi melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Dandan Riza Wardana terkait dugaan praktik pungli dan suap. Selain Dandan, polisi juga tetapkan lima orang lainnya di dinas tersebut, diantaranya Wawan Haerulloh sebagai Kabid DPMPTSP, Dadan Damhuri sebagai Kasi Bidang B, Noerkiya Setiawati sebagai Staf Bidang B, dan Mutia sebagai Staf Bidang B.

Dari tangan para tersangka, polisi berhasil menyita uang sebanyak Rp 364 juta, 34.000 USD, 124 Poundsterling. Selain itu juga buku tabungan berisikan saldo Rp 500 juta, dua unit mobil dan satu unit motor.[tar]

 
Embed Widget

x