Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 10:41 WIB

PMI Kediri Kekurangan Stok Darah

Oleh : - | Rabu, 14 Juni 2017 | 22:31 WIB
PMI Kediri Kekurangan Stok Darah
(Foto: Beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Kediri - Pada bulan ramadan ini Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kediri alami krisis darah, khususnya untuk golongan darah AB. Penyebabnya, jumlah pendonor darah yang datang turun drastis dari hari biasa.

Krisis darah di PMI Kota Kediri ini mulai terjadi saat memasuki bulan puasa ramadan lalu hingga sekarang. Dari kebutuhan sehari sebanyak 30 kantong darah, tidak mampu dicukupi. Bahkan, untuk golongan darah AB saat ini hanya tersisa satu kantong saja .

Anggapan bahwa berdonor saat menjalankan ibadah puasa menyebabkan tensi darah menurun dan tubuh menjadi lemas menjadi faktor penyebab sepinya pendonor yang datang.

Untuk mengatasi krisis stok ini, PMI Kota Kediri berusaha menggelar safari donor darah setiap hari sehabis sholat magrib di tempat tempat keramaian.

"Masyarakat beranggapan bahwa berdonor saat berpuasa menyebabkan tensi darah mereka turun, HB (hemoglobin) darah mereka tidak mencukupi untuk berdonor. Padahal itu tidak benar. Kalau memang memenuhi syarat tetap bisa berdonor," ujar Candra Budiawan, selaku Teknisi Transfusi Darah PMI Kota Kediri, Rabu (14/6/2017).

Untuk diketahui, stok darah di pmi kota kediri saat ini kurang lebih 300 kantong. Terdiri dari golongan darah O sebanyak 148 kantong, golongan A 96 kantong, golongan B 10 kantong dan AB hanya satu kantong.[beritajatim]

Tags

Komentar

 
x