Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 04:26 WIB

Kapolda Terkejut Dengar Pengakuan Novel Baswedan

Oleh : Happy Karundeng | Rabu, 14 Juni 2017 | 21:13 WIB
Kapolda Terkejut Dengar Pengakuan Novel Baswedan
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochammad Iriawan - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochammad Iriawan mengaku kaget mendengar pengakuan penyidik senior KPK Novel Basweden kepada salah satu media asing.

"Saya belum baca," katanya usai berbuka puasa bersama media dan anak yatim piatu di Mapolda Metro Jaya, Rabu (14/6/2017).

Iriawan mengaku, kepolisian sudah menanyakan kepada seluruh pihak terkait perkara Novel. Ia justru meminta publik untuk memberikan informasi kepada kepolisian apabila ada informasi terbaru tentang perkara Novel.

Iriawan menegaskan, penyidik sudah memeriksa Novel terkait perkara penyiraman air keras. Ia pun sudah menganalisa hubungan perkara yang ditangani Novel dengan pelaku penyerangan.

Bahkan, ia mengaku sudah meminta keterangan langsung penyidik senior lembaga antirasuah itu. Ia mengingatkan, kepolisian tengah memeriksa lebih lanjut tentang hal tersebut.

"Pokoknya Semua yang beliau tangani kita analisa ada korelasi atau tidak. Makanya kemarin salah satunya kita juga periksa, kalau nggak salah pernah berstatement di media apakah itu ada kaitannya dengan kasus yang ditangani," kata Iriawan.

"Jadi kemungkinan itu ada saja tapi kita belum menemukan secara fakta pelaku yang diduga melakukan tindak pidana tersebut," sambungnya.

Sebelumnya, penyidik senior KPK Novel Baswedan menuding ada pejabat pejabat kepolisian yang terlibat dalam aksi penyerangannya. Dalam wawancaranya dengan Time, Novel mengaku tidak percaya adanya keterlibatan pejabat kepolisian.

"Saya sudah mendapat informasi bahwa ada jenderal polisi (pejabat tinggi kepolisian) terlibat. Pertama, saya menduga informasi itu fiktif. Namun, sekarang setelah dua bulan perkara tidak selesai, saya mengatakan pandangan saya bahwa informasi tersebut tepat," ujar Novel dalam wawancara yang dipublikasikan Time, Selasa.

Menanggapi permasalahan tersebut, Mabes Polri berharap agar temuan tersebut diungkapkan kepada pihak kepolisian. Kabagpenum Mabes Polri Kombes Pol Martinus Sitompul meminta agar Novel Baswedan melaporkan apa yang ia ketahui kepolisian. Ia menilai, informasi tersebut sebaiknya disampaikan ke penyidik agar bisa ditindaklanjuti.

"Sebaiknya informasi yang dimiliki itu disampaikan kepada penyidik polri dalam hal ini penyidik Polda metro, supaya penyidik Polda metro bisa menindaklanjutinya," ujar Martinus.[jat]

 
x