Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 10:36 WIB

Kasus Novel, KPK Diminta Percayakan Polri

Oleh : Agus Irawan | Rabu, 14 Juni 2017 | 21:22 WIB
Kasus Novel, KPK Diminta Percayakan Polri
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul meminta KPK menghormati penyelidikan Polda Metro Jaya mengungkap kasus penyiraman penyidik seniornya Novel Baswedan. Karena polisi bekerja sesuai tugas dan fungsinya.

"Kalau tugas pokok dan fungsi kita memang sejalan, ya boleh saja. Tetapi kalau tupoksi kita sangat berbeda, tidak sama dengan satu lembaga dengan lembaga lain, maka akan berbeda nanti," kata Martinus, Rabu (13/6/2017).

Dia menegaskan bahwa KPK memiliki wewenang menegakkan hukum di bidang korupsi. Sedangkan perkara Novel merupakan pidana umum seperti kejahatan jalanan.

"Kami sedang berupaya untuk mengumpulkan banyak informasi-informasi dalam mengusut siapa pelaku penganiayaan terhadap Novel," jelasnya.

Menurut dia, tawaran joint investigation KPK terkait kasus korupsi yang ditangani kepolisian, maka Polri akan bersinergi.

Karena KPK tidak mempunyai kewenangan menegakkan hukum di bidang kriminal jalanan. Maka Polri meminta KPK mempercayai proses penyelidikan ke penyidik Polda Metro Jaya.

Untuk diketahui, sebelumnya Ketua KPK Agus Rahardjo meminta agar Polri untuk melibatkan penyidik KPK dalam mengungkap pelaku teror terhadap Novel Baswedan. [ton]

 
x