Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 10:39 WIB

Mendikbud Diminta Sosialisasikan Full Day School

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 14 Juni 2017 | 13:14 WIB
Mendikbud Diminta Sosialisasikan Full Day School
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyikapi gagasan Mendikbud Muhadjir Effendi mengenai full day school yang menuai krtitik dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Adapun MUI menilai kebijkan tersebut menimbulkan polemik bagi Madrasah Diniyah, pondok pesantren maupun sekolah yang didirikan lembaga swadaya masyarakat.

Menag mengungkapkan, dirinya telah mendiskusikan hal ini bersama Muhadjir dan meminta agar kebijakan tersebut disosialisasikan kepada masyarakat secara komprehensif.

"Ini agar tak menimbulkan polemik, khususnya di kalangan Madrasah Diniyah maupun pondok pesantren. Perlu ada sosialisasi yang lebih masif dengan cara mengundang para stakeholder, organisasi profesi guru-guru, ormas keagamaan yang mengelola banyak sekali Madrasah Diniyah untuk diberikan penjelasan yang menyeluruh," jelas Lukman di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (13/6/2017).

Lebih jauh, ia mengharapkan agar kebijakan ini disertai penguatan Madrasayah Dinayah dan Pondok Pesantren.

"Guru-guru pelajaran agama dapat lebih diberikan peluang agar waktu mengajarnya lebih lama. Sehingga itu sesuatu yang maslahat bagi Madrasyah Diniyah, bagi Pondok Pesantren, bagi pendidikan-pendidikan keagamaan yang sifatnya informal dan nonformal itu, bukan malah sebaliknya," paparnya.

Ia pun menegaskan, pentingnya kerjasama Kemendikbud bersama seluruh madrasah demi menciptakan kesepahaman terhadap kebijakan ini.

"Harapan kami untuk memberikan pengakuan kepada sejumlah Madrasyah Diniyah, Pondok Pesantren bahwa itu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sekolah-sekolah itu dalam menerapkan kebijakan in," tandasnya. [rok]

 
x