Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 15:02 WIB

Irjen Pol Paulus Waterpauw Daftar jadi Cagub Papua

Oleh : - | Selasa, 13 Juni 2017 | 17:12 WIB
Irjen Pol Paulus Waterpauw Daftar jadi Cagub Papua
Irjen Pol Paulus Waterpauw - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jayapura - Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Papua menerima berkas pendaftaran bakal calon peserta pemilihan guberur (pilgub) yang diserahkan Irjen Pol Paulus Waterpauw yang didampingi tim relawan, di Jayapura, Selasa.

Mantan Kapolda Papua Barat itu diterima oleh Sekretaris DPP PDIP Calvin Mansembra dan Wakil Ketua Bidang Partai Igansius Hasyim di Sekretariat DPD PDI-P Papua di Kompleks Asrama Haji, Kotaraja, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

"Pada 2018 nanti, pilkada digelar di tujuh kabupaten dan satu provinsi, banyak pihak yang sudah mulai ancang-ancang dan PDIP juga sudah buka pendaftaran secara resmi sejak 1 Juni hingga 30 Juni 2017, dan dibagi menjadi dua tahap yakni tahap pertama pengambilan formulir pada 1-10 Juni, dan tahap kedua pengembalian formulir pada 11-30 Juni 2017," kata Calvin.

Menurut dia, partai berlatar belakang warna merah itu terbuka kepada siapa saja yang akan mengambil atau pun mengembalikan formulir atau dokumen, termasuk untuk melengkapi syarat pendaftaran.

"Kami terbuka bagi siapa saja, tentunya dengan ketentuan dan syarat yang berlaku," kata Calvin.

Sementara itu, Ignasius Hasyim menyampaikan selamat datang kepada Irjen Pol Paulus Waterpauw bersama tim relawan yang datang mengembalikan formulir pendaftaran sebagai bakal calon gubernur.

"Pertama-tama kami sampaikan selamat datang, dan ini suatu kehormatan luar biasa bagi kami. Pak Paulus Waterpauw bisa datang ke sini. Apa yang dilakukan beberapa hari lalu dan hari ini, adalah proses, kami tetap menerima penjaringan para bakal calon, namun pada akhirnya DPP yang akan tentukan pilihan," katanya.

Ignasius juga menyampaikan bahwa DPD PDIP Papua juga akan melakukan pemetaan-pemetaan khusus bagi para bakal calon gubernur, agar menjadi pertimbangan bagi pengurus pusat sebelum lakukan ke tahapan selanjutnya.

"Untuk uji kelayakan dan kepatutan biasanya dilakukan dan ditentukan oleh pengurus pusat, kami di sini tidak menentukan. Kami yang ada dalam ruangan ini hanya bisa berikan doa dan dukungan, semua proses yang kita lewati bersama ini, berjalan lancar," katanya.

"Soal berkas yang belum dilengkapi akan kami sampaikan jika ada kekurangan. Untuk itu, kami perlukan seorang penghubung yang ada nomor telepon selulernya, agar koordinasinya lancar," sambung Ignasius.

Pada kesempatan itu, Paulus Waterpauw menyampaikan ucapan terima kasih karena pengurus Partai PDIP Papua bisa menerima kedatangannya bersama tim relawan.

"Terima kasih banyak, para pengurus sudah luangkan waktu bagi kami. Saya dan tim relawan datang untuk setor (unjuk) muka, karena selama ini kenal hanya sebatas teman atau saudara dan resmi hari ini masuk ke PDIP. Kebetulan kemeja yang saya pakai sebenarnya sudah memberikan warna (warna merah)," kata Paulus diiringi derai tawa pengurus PDIP dan awak media.

Sementara, Ketua Tim Relawan Sahabat Paulus Waterpauw (RSPW) Provinsi Papua, Victor Abaidata menyampaikan kedatangan pihaknya ingin mengembalikan formulir pndaftaran yang sudah diambil sebelumnya.

"Kami sudah siapkan dan lengkapi semua persyaratan atau berkas sebagaimana ketentuan yang diminta, diantaranya surat setia kepada Pancasila dan UUD 1945, surat keterangan tidak pernah jatuh hukuman, SKCK, termasuk surat keterangan bebas narkoba," katanya.

Diakhir kegiatan tersebut, baik Paulus Waterpauw dan pengurus PDIP bertukar nomor telepon seluler dan foto bersama.

Beberapa jam sebelumnya, suami dari Ramona itu mendaftar di Partai PKS Provinsi Papua di Jalan BPG Kotaraja, Kota Jayapura dan sehari sebelumnya juga telah mendaftar ke Partai Golkar Papua.[tar]

Komentar

 
x