Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 11:16 WIB

Masuk SMPN Gratis

PKS Minta Pelajar Non-Muslim Diperlakukan Sama

Oleh : - | Selasa, 13 Juni 2017 | 15:33 WIB
PKS Minta Pelajar Non-Muslim Diperlakukan Sama
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Jember - Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Jember Nur Hasan meminta agar siswa non muslim diperlakukan sama dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat sekolah menengah pertama.

Sebab Bupati Faida memberikan peluang kepada seluruh anak yang hapal juz amma dan beberapa juz Alquran untuk bisa langsung masuk ke SMP negeri gratis. Nur Hasan mengatakan, akses yang sama seharusnya juga diberikan kepada siswa non muslim.

"Perlakuan harus sama. Memang Komisi D dari dulu memperjuangkan agar siswa-siswa yang hapal satu atau dua juz Alquran diberi dispensasi untuk masuk ke sekolah-sekolah negeri. Kalau itu dilaksanakan, maka kita juga harus memikirkan penganut agama lain. Paling tidak mereka juga harus diberi kesempatan yang sama," kata pria yang juga Sekretaris Komisi D DPRD Jember ini, Selasa (13/6/2017).

Nur Hasan menyarankan Pemerintah Kabupaten Jember membicarakan hal tersebut dengan tokoh-tokoh agama, baik itu Hindu, Budha, Kristen Protestan, maupun Katolik.

"Supaya ada keadilan di sini, karena di Jember tidak semuanya beragama Islam. Fasilitas yang diberikan bupati sebaiknya dibuka juga untuk agama lain," katanya.

Komisi D sejak dulu memperjuangkan adanya akses pendidikan formal umum untuk penghapal Alquran, menurut Nur Hasan, untuk menghargai anak-anak yang secara keagamaan berprestasi. "Ini sebenarnya jalur prestasi, cuma dari jalur keagamaan," kata Nur Hasan.

Nur Hasan meminta kepada Pemkab Jember mengeluarkan peraturan bupati. "Supaya tidak ada masalah di belakang hari. Sepertinya secara kongrit sekarang belum ada, apalagi untuk memfasilitasi pemeluk agama lain. Biar kondisi kebangsaan yang agak memanas di bidang keagamaan kondusif," katanya.[beritajatim]

 
x