Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 10:30 WIB

Pelaku Pungli Divonis 1 Tahun Penjara di Lombok

Oleh : Fadhly Zikry | Senin, 12 Juni 2017 | 19:00 WIB
Pelaku Pungli Divonis 1 Tahun Penjara di Lombok
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Mataram - Nursimah, terdakwa perkara pungutan liar (pungli) prona di Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, dijatuhi pidana hukuman selama satu tahun penjara dan denda Rp50 juta subsidair satu bulan kurungan.

"Dengan ini menyatakan bahwa terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 11 Undang-Undang Nomor 20/2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi," kata Ketua Majelis Hakim A.A. Putu Ngurah Rajendra dalam putusannya di Pengadilan Negeri Mataram, Senin (12/6/2017).

Nursimah telah terbukti menyalahgunakan kewenangannya sebagai kepala desa dengan menarik anggaran sebesar Rp500 ribu untuk setiap warganya yang mengajukan sertifikasi lahan melalui program prona.

Untuk itu, pasal yang dikenakan kepada terdakwa sudah sesuai dengan bunyi dakwaan subsidairnya. Sedangkan untuk dakwaan primairnya, Majelis Hakim menyatakan tidak bersalah.

Berbeda dengan tuntutan sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) menuntut Nursimah dengan pidana hukuman lebih berat, yakni selama satu tahun enam bulan penjara dan denda Rp50 juta.

Lebih lanjut, terhadap keputusan Majelis Hakim ini, pengacara Nursimah, Edy Rahman, usai mendampingi kliennya di persidangan, mengungkapkan bahwa pihaknya menghargai keputusan tersebut.

"Apakah banding atau tidak, nanti kita bicarakan lagi, saat ini kita yang jelas menerima keputusan Majelis Hakim," kata Edy. [tar]

Tags

 
x