Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 10:36 WIB

Kebijakan Full Day School Mulai Berlaku Bulan Juli

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 12 Juni 2017 | 15:22 WIB
Kebijakan Full Day School Mulai Berlaku Bulan Juli
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi telah mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) mengenai kebijakan sekolah 5 hari (full day school) pada awal bulan ini meskipun menuai pro dan kontra.

"Sudah terbit (Permen) tanggal 9 Juni kemarin," kata Muhadjir di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (12/6/2017).

Adapun kebijakan ini, dipastikan akan mulai diberlakukan pada tahun ajaran 2017 pada bulan Juli nanti.

"Iya, kemudian ada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang beban tugas guru, beban pekerjaan. Itu kami alihkan dari yang semula diukur atas dasar jumlah mengajar, yaitu 24 jam tatap muka minimum itu. Sekarang kami alihkan jadi beban sebagaimana ASN (aparatur sipil negara) yang jumlahnya 37,5 jam per minggu. Jadi, komplit dengan istirahatnya sekitar 40 jam per minggu," paparnya.

Melalui kebijakan ini, ada dua hal yang disoroti yakni lima hari masuk kerja bagi para guru serta program penguatan karakter untuk siswa-siswi.

"Itu sebenarnya dua hal yg berbeda, tapi karena itu sebetulnya kenapa lima hari karena beban sekarang guru kami sesuaikan dengan ASN yang lima hari kerja itu. Jadi, itu saling melengkapi saja," tandasnya. [fad]

 
x