Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 15:05 WIB

Jika Pilpres Digelar Hari Ini, Ini Hasil Surveinya

Oleh : - | Senin, 12 Juni 2017 | 10:59 WIB
Jika Pilpres Digelar Hari Ini, Ini Hasil Surveinya
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Surabaya - Indikator Politik Indonesia (INDIKATOR) merilis temuan survei terbaru untuk Jatim. Bila pemilu presiden (pilpres) dilaksanakan hari ini, maka sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa disebut masih 'menguasai' Jatim dibandingkan nama-nama tokoh lain.

Tokoh lain itu seperti Prabowo Subianto (Ketua Umum DPP Partai Gerindra), Megawati Soekarnoputeri (Ketua Umum DPP PDI Perjuangan), Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY-Ketua Umum DPP Partai Demokrat), Harry Tanoesudibyo (DPP Partai Perindo), Aburizal Bakrie (Ketua Dewan Pembina DPP Partai Golkar), Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Menkeu Sri Mulyani atau Menkopolhukam Wiranto.

Sedangkan untuk Pilkada Jatim, bila Pilkada dilaksanakan saat ini, maka ada tiga nama yang elektabilitasnya (kedipilihannya) cukup menonjol, yakni Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Mensos Khofifah Indar Parawansa. Selisih posisi ketiga nama tokoh teratas Jatim itu masih dalam batas toleransi kesalahan atau margin of error (MoE) survei yakni sekitar 3,5 persen. Ketiga nama itu bisa disebut masih kurang lebih sama, karena situasinya masih cair dan selisih perolehan angka satu dengan yang lain juga tidak terlalu signifikan secara statistik.

Peneliti Indikator Politik Indonesia Hendro Prasetyo kepada wartawan di RM Dapur Desa Surabaya, Minggu (11/6/2017) mengatakan, untuk pertanyaan top of mind atau spontan pertanyaan tentang calon presiden: kedipilihan Jokowi pada angka 28,2 persen, Prabowo 13,6 persen, nama tokoh lainnya masih di bawah 1 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab masih sangat tinggi 52,2 persen.

"Bila responden disodorkan pertanyaan dengan menyebut sejumlah nama atau versi semi terbuka, maka Jokowi mendapatkan angka 41,7 persen, Prabowo 20,8 persen dan nama tokoh lainnya masih di bawah 2 persen seperti SBY, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), juga nama Soekarwo (Pakde Karwo)," tukasnya.

Sedangkan tidak tahu atau tidak menjawab 24,3 persen. Sedangkan bila diadu hanya dua nama, Jokowi vs Prabowo, maka Jokowi unggul 54,4 persen dan Prabowo 30,4 persen. Tapi yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab 24,3 persen.

Indikator Politik Indonesia melakukan survei dengan sampel sebanyak 819 orang pada 3-7 Mei 2017. Survei menggunakan metode multistage random sampling dan memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [beritajatim]

Komentar

 
x