Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 10:39 WIB

Sang Napi Kabur Itu Pernah Terlibat Bom Beji

Oleh : - | Senin, 12 Juni 2017 | 09:24 WIB
Sang Napi Kabur Itu Pernah Terlibat Bom Beji
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Bojonegoro - Satu orang nara pidana (napi) yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bojonegoro merupakan seorang kasus terorisme. Namun, pelaku yang mencoba kabur itu berhasil diamankan kembali oleh petugas.

Pelaku diketahui bernama Azmi Fuadi. Azmi merupakan napi limpahan dari Rumah Tahanan Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat. Terpidana Azmi Fuadi termasuk kelompok Dede Kodrat asal Poso dan jaringan Abu Roban.

Dia ditangkap karena terlibat dalam kasus bom Beji. Azmi Fuadi tertangkap di Banyumas pada 30 Desember 2013. Dia yang membocorkan safe house kelompok teroris di Ciputat. Bersama kelompoknya melakukan sejumlah aksi terorisme di kota-kota di Indonesia.

"Azmi kabur lewat kamar mandi dengan tangan kosong menjebol plafon dan genteng," kata Kepala Lapas Kelas II A Bojonegoro, Jumadi, Minggu (12/6/2017).

Dia akhirnya diketahui kabur setelah petugas jaga mendapati gambar pelaku dari rekaman CCTV. Saat itu, Azmi sekitar pukul 08.00 WIB pergi bersama dengan warga binaan lain sedang melakukan salat dhuha. Setelah itu, lanjut dia, pelaku menuju arah kamar mandi dan menjebol plafon.

"Saat itu petugas yang jaga sudah mengetahui tapi pelaku sudah berada di atas dan memilih meloncat keluar," lanjutnya.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Kemudian petugas sipir dan Patroli Sabhara Polres Bojonegoro, berhasil mengamankan kembali pelaku. Rencananya besok pagi narapidana tersebut akan dipindahkan ke Lapas Kelas I Malang.

Kapolres Bojonegoro Wahyu Sri Bintoro mengatakan, setelah adanya peristiwa napi yang melakukan percobaan melarikan diri, Lapas Kelas II Bojonegoro dan telah meminta pengawalan petugas kepolisian untuk melakukan pengawalan pemindahan ke Lapas Kelas I Malang.

"Kami telah menerima permintaan pengawalan dari Lapas Kelas II Bojonegoro perihal kepindahan Narapida Teroris ke Lapas Malang," ucap Kapolres.

Saat ini Azmi Faudi langsung dimasukkan sel isolasi khusus Lapas Bojonegoro dan besok akan dipindahkan ke Lapas Malang. "Kami siap memberikan pengawalan narapida bersama anggota Lapas hingga ke Lapas Kelas I Malang dengan menggunakan persenjataan lengkap," pungkasnya. [beritajatim]

Tags

 
x