Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Agustus 2017 | 13:02 WIB

Teror Marawi

Keamanan Perairan ASEAN Harus Ditingkatkan

Oleh : - | Minggu, 11 Juni 2017 | 13:00 WIB
Keamanan Perairan ASEAN Harus Ditingkatkan
Anggota Komisi I DPR, Evita Nursanty - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi I DPR, Evita Nursanty meminta semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan khususnya di perairan yang terdekat dengan Filipina Selatan, baik Indonesia maupun Malaysia.

Menurut dia, kejadian di Marawi akan sangat menentukan bagi masa depan terorisme di Asia Tenggara sehingga kontribusi Indonesia dan Malaysia dalam menghadapi isu terorisme ini sangat penting.

"Jika Indonesia dan Malaysia serta seluruh anggota ASEAN tidak berbuat sesuatu yang lebih tegas, maka eksistensi kelompok teroris di kawasan Asia Tenggara akan semakin kuat, tingginya lalu-lintas kelompok teroris, logistik hingga pendanaan mereka," kata Evita, Minggu (11/6/2017).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan itu mengatakan dalam kondisi darurat militer, teroris terdesak kemudian butuh logistik dan juga lalu-lintas teroris yang masuk maupun keluar. Sehingga menurut dia, hal ini harus diwaspadai semua pihak untuk antisipasi serangan teroris.

"Kami mendukung tawaran yang sudah disampaikan pemerintah Malaysia dan Indonesia serta negara anggota ASEAN lainnya untuk membantu Filipina," ujarnya.

Ia menjelaskan perairan di sejumlah provinsi bagian Utara Indonesia mulai dari Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah hingga Maluku Utara menjadi sangat rawan sehingga diperlukan penanganan khusus.

"Kemudian kerjasama lintas-kekuatan dan lintas-sektor dengan melibatkan masyarakat, karena yang harus diwanti-wanti agar kewaspadaan terhadap ISIS atau kelompok-kelompok teroris lainnya juga diaktifkan di semua provinsi Indonesia," jelas dia.

Ia menilai bahaya ini sudah ada di depan mata dan ini bukan main-main, karena selama ini mereka seperti mendapat angin. Maka dari itu, menurut dia ini bukan hanya pekerjaan Polri, BIN, TNI, BNPT tapi termasuk juga Pemda, organisasi-organisasi masyarakat dan organisasi profesi di semua sektor.

Kuncinya, kata Evita, bantuan yang paling baik saat ini adalah menjaga agar setiap jengkal teritori kedua negara tidak digunakan oleh teroris untuk lalu lintas logistik maupun manusia. Artinya, kegiatan patroli dengan kekuatan lengkap harus makin ditingkatkan.

"Jika suasana sedikit tenang jangan lengah tapi harus jadi kegiatan rutin. Kita lihat perairan itu sangat luas dan hampir tidak bisa kita awasi, harus dicari jalur tikus mana mereka kok bisa sampai Marawi, begitu juga bagaimana kelompok-kelompok ini kok bisa sampai ke Indonesia," tandasnya. [fad]

 
x