Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 00:39 WIB

Bawang Putih di Kupang Tembus Rp70.000 per Kilo

Oleh : Fadhly Zikry | Minggu, 11 Juni 2017 | 12:19 WIB
Bawang Putih di Kupang Tembus Rp70.000 per Kilo
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Kupang - Harga jual bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengalami lonjakan harga menembus Rp70.000 per kilogram dari sebelumnya Rp30.000 per kilogram.

Seorang pedagang bawang putih di Pasar Kasih Naikoten I Kota Kupang Ny Indari, mengatakan, kenaikan itu dipicu minimnya pasokan bawang putih yang diperoleh dari Surabaya.

"Sudah beberapa waktu terakhir ini pasokannya mulai berkurang," katanya, Minggu (11/6/2017)

Karena pasokan berkurang maka para pedagang harus mengeluarkan kocek lebih membelinya dari sejumlah pemasok dan distributor. "Karena kami beli mahal makanya kami jual juga dengan harga mahal agar bisa untung," katanya.

Dia mengatakan jika kondisi pasokan terus berkurang maka dikhawatirkan akan terus naik jelang hari raya Idul Fitri. "Ya saya kira jika pasokan stok terus berkurang maka tentu harga akan terus merangkak naik," katanya.

Ny Indari berharap kondisi minimnya pasokan bawang putih itu bukan karena kesengajaan oknum distributor untuk kepentingan menaikan harga jual bawang tersebut.

"Saya berharap ini bukan bagian dari upaya sengaja untuk penimbunan," katanya.

Pemerintah dimintakan untuk melakukan sidak, agar bisa diketahui sebab minimnya bawang putih di oasaran itu. "Kalau bawang merah aman. Bawang putih ini yang paerlu dicari tahu masalahnya," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Kupang Yeri Padji Kana mengaku sedang menerjunkan tim khusus untuk melakukan pengecekan kondisi pasokan bawang putih di lapangan.

"Jika terdapat upaya penimbunan maka oknum pedagang atau distributor itu akan langsung dikenakan sanksi sesuuai ketentuan yang ada," kata Yeri. [tar]

Komentar

 
x