Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 16:13 WIB

Stop Persekusi, Berharap Pada Badan Siber

Oleh : Ivan Setyadi | Minggu, 11 Juni 2017 | 06:57 WIB
Stop Persekusi, Berharap Pada Badan Siber
Badan Siber Nasional - (Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Maraknya penyalahgunaan media sosial, hingga maraknya aksi persekusi membuat pemerintah bergerak dan membentuk Badan Siber untuk mengatasinya.

Diharapkan, Badan Siber ini bisa menekan cuitan-cuitan berbau SARA yang merupakan awal tindak persekusi di masyarakat.

Pakar Telematika Abimanyu 'Abah' Wahjoehidajat, berharap, Badan Siber diberi kewenangan untuk melakukan penindakan.

"Badan tersebut bisa saja yang diberikan kewenangan merevisi UU ITE, memantau sosmed. kalau kewenangannya seperti KPK itu cakep," katanya kepada INILAHCOM, Minggu (11/6/2017).

Badan Siber kata Abah, harus diberi kewenangan untuk melakukan penindakan. Sebab, lalulintas dunia maya yang padat dan sebarannya cepat, membuat perlu adanya tindakan cepat

"Tapi kalau cuma memantau lalu menghasil himbauan-himbauan nah itu percuma aja," ungkapnya.

Keraguan muncul seiring pembentukan Badan Siber ini. Apalagi jika diberi wewenang penindakan ala penegak hukum. Sebab, anggapan membatasi kebebasan berpendapat di sosial media bisa menjadi menghambat gerak Badan Siber.

"Banyak yang masih dibisa diredam badan itu seperti fitnah hasutan. Menurut anda fitnah dan hasutan itu kebebasan berpendapat ga?," cetusnya.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) telah resmi dibentuk setelah ditandatanganinya Peraturan Presiden (PP) Nomor 53 tahun 2017 oleh Presiden Joko Widodo pada 19 Mei 2017.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara setelah mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Kamis (1/6/2017), memastikan Perpres BSSN diundangkan untuk mendeteksi dan mencegah kejahatan siber.

"Perpresnya sudah, sudah diundangkan bahkan. Jadi Basinas ini dari mulai mendeteksi, mencegah, sampai kalau terjadi kalau ada kaitannya sama cyber security dia juga memperbaiki," katanya.

 
x