Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 09:05 WIB

Cegah Postingan SARA Hingga Persekusi

Sulit 'Mengatur' Lalulintas Dunia Maya

Oleh : Ivan Setyadi | Minggu, 11 Juni 2017 | 06:33 WIB
Sulit 'Mengatur' Lalulintas Dunia Maya
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta -Pakar telematika Abimanyu 'Abah' Wahjoehidajat menyebut tak mudah memsortir kalimat-kalimat hasutan serta ujaran kebencian di media sosial.

Ha itu disampaikan menanggapi maraknya aksi ujaran kebencian berbau SARA di media sosial. Hingga akhirnya berbalas aksi persekusi terhadap orang yang cuitannya dianggap menyinggung.

"Ejekan, cercaan, celaan, kritik, satir dll itu semua adalah permainan makna dari suatu kalimat dalam suatu budaya tertentu. Dasarnya bagian dari kebebasan berekspresi yang di lindungi PBB," katanya kepada INILAHCOM, Sabtu (10/6/2017).

Belum lagi katanya, jika ada persamaan kata dengan makna yang berbeda."Sehingga kalau mau diblokir algoritmanya panjang banget dan process effort (time spent juga gede) buntut-buntutnya ada badan yang harus menentukan apakah kalimat yang diutarakan seseorang termasuk ejekan atau bukan.

Sehingga, jika ada rencana pemblokiran postingan bernada SARA, pemerintah bisa kewalahan mengingat laulintas dunia maya terutama di sosial media sangat padat.

"Dan ada ratusan juta pengguna yang mengirim ratusan pesan sehari. Siapa yang sanggup?" tandasnya.

Tags

 
x