Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 10:41 WIB

PAN Siap Back up Amien Rais Hadapi KPK

Oleh : Ivan Setyadi | Minggu, 11 Juni 2017 | 05:36 WIB
PAN Siap Back up Amien Rais Hadapi KPK
Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto - (Foto: inilahcom/Didik Setiawan)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) tak akan 'melepas' seniornya, Amien Rais berjuang sendiri menghadapi tuduhan soal transferan uang di kasus korupsi Alkes Kementerian Kesehatan.

"PAN siap kawal Pak Amien Rais," ujar Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto kepada INILAHCOM, Sabtu (10/6/2017).

Kapanpun Amien Rais mendapat panggilan dari KPK, tim hukum PAN siap mengawal dan menemani Amien Rais.

Namun tampaknya pemanggilan Amien Rais untuk diperiksa KPK masih belum akan terjadi dalam waktu dekat. Sebab baisanya, KPK akan menuntaskan terlebih dahulu persidangan Siti Fadila Supari.

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada sidang yang digelar Rabu (31/5/2017) lalu, beberapa kali menyebut nama Amien Rais saat membacakan surat tuntutan terhadap terdakwa kasus ini, mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah.

Yang belum disebutkan Jaksa KPK adalah mengenai apa peran Amien Rais dan kaitannya dengan aliran uang dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Kesehatan RI ini.

Menurut jaksa, dalam kegiatan pengadaan alkes untuk mengatasi KLB pada tahun 2005, Siti membuat surat rekomendasi mengenai penunjukan langsung.

Ia juga meminta agar kuasa pengguna anggaran dan pejabat pembuat komitmen, Mulya A Hasjmy, menunjuk langsung PT Indofarma Tbk sebagai perusahaan penyedia barang dan jasa.

Awalnya, pada September 2005, Siti beberapa kali bertemu dengan Direktur Utama PT Indofarma Global Medika dan Nuki Syahrun selaku Ketua Sutrisno Bachir Foundation (SBF). Nuki merupakan adik ipar dari mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Sutrisno Bachir.

Menurut jaksa, berdasarkan fakta persidangan, penunjukan langsung yang dilakukan Siti terhadap PT Indofarma merupakan bentuk bantuan Siti terhadap Partai Amanat Nasional (PAN).

Pengangkatan Siti sebagai Menteri Kesehatan merupakan hasil rekomendasi Muhammadiyah yang kadernya banyak menjadi pengurus PAN pada saat itu.

Berdasarkan surat tuntutan jaksa, Nuki Syahrun memerintahkan Sekretaris pada Yayasan SBF, Yurida Adlaini, untuk memindahbukukan sebagian dana keuntungan PT Indofarma kepada pihak-pihak yang memiliki hubungan kedekatan dengan Siti Fadilah. Salah satunya adalah Amien Rais.

Amien Rais disebut Jaksa menerima enam kali pengiriman uang yang totalnya mencapai Rp 600 juta.

 
x