Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Agustus 2017 | 21:22 WIB

Amien Rais Terseret Kasus

Memang Itu Uang Amien Rais?

Oleh : Ivan Setyadi | Minggu, 11 Juni 2017 | 03:14 WIB
Memang Itu Uang Amien Rais?
Amien Rais - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menegaskan Amien Rais tidak terlibat dalam pusara korupsi Alkes dengan terdakwa Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadila Supari.

"Pak Amien sama sekali nggak terlibat," katanya kepada INILAHCOM, Sabtu (10/6/2017).

Selain itu, Yandri juga meluruskan informasi yang beredar seputar transferan uang ke rekening Mantan Ketua Umum PAN tersebut. Menurutnya, transferan uang itu bukanlah uang Amien Rais. Dan juga sambungnya, uang yang dibicarakan, sama sekali tidak terkait dengan kasus yang ramai dibicarakan.

"Itu uang Sutrisno Bachir dan nggak ada kaitannya sama alkes," ungkapnya.

Oleh sebab itu, PAN maupun Amien Rais, sudah seharusnya tidak khawatir dengan hal tersebut. Dalam surat tuntutan jaksa, sejumlah uang yang diterima sebagai keuntungan pihak swasta juga mengalir ke rekening mantan Ketua Umum PAN, Amien Rais.

Menurut jaksa, dalam kegiatan pengadaan alkes untuk mengatasi KLB pada tahun 2005, Siti membuat surat rekomendasi mengenai penunjukan langsung.

Ia juga meminta agar kuasa pengguna anggaran dan pejabat pembuat komitmen, Mulya A Hasjmy, menunjuk langsung PT Indofarma Tbk sebagai perusahaan penyedia barang dan jasa.

Awalnya, pada September 2005, Siti beberapa kali bertemu dengan Ary Gunawan selaku Direktur Utama PT Indofarma Global Medika Ary Gunawan dan Nuki Syahrun selaku Ketua Sutrisno Bachir Foundation (SBF). Nuki merupakan adik ipar dari Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Sutrisno Bachir.

Menurut jaksa, berdasarkan fakta persidangan, penunjukan langsung yang dilakukan Siti terhadap PT Indofarma merupakan bentuk bantuan Siti terhadap Partai Amanat Nasional (PAN). Pengangkatan Siti sebagai Menteri Kesehatan merupakan hasil rekomendasi Muhammadiyah.

 
x