Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Agustus 2017 | 18:04 WIB

Wakil Ketua MPR Nilai Kasus Amien Janggal

Oleh : Willi Nafie | Sabtu, 10 Juni 2017 | 19:28 WIB
Wakil Ketua MPR Nilai Kasus Amien Janggal
Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais disebut turut menikmati uang hasil korupsi pengadaan alat kesehatan dengan terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari.

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid menilai, ada kejanggalan dalam penyebutan nama Amien Rais dalam sidang pembacataan tuntutan Siti Fadilah.

Pasalnya, aliran dana dengan total Rp 600 juta ke rekening Amies bukan dari Siti Fadilah selaku Menteri Kesehatan melainkan dari Soetrisno Bachir.

"Tiba-tiba Amien Rais disebut, sementara masih sangat sumir membuktikan," kata Hidayat di Gedung PP Muhammdiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (10/6/2017).

Hidayat menduga KPK tebang pilih dalam menangani suatu kasus. Sebab KPK membiarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pembelian lahan RS Sumber Waras yang menyebut ada kerugian negara.

Bahkan KPK belakangan menyebut tidak ada tindak pidana korupsi dalam penjualan lahan rumah sakit Sumber Waras tersebut.

Dalam amar tuntutan Siti Fadilah, Jaksa KPK menyebut Amien menerima uang 6 kali dengan total Rp 600 juta. Uang itu ditransfer dari rekening Sekretaris Yayasan Soetrisno Bachir Foundation (SBF).

Dana ke Amien dari Yayasan SBF berasal dari PT Mitra Medidua dalam proyek alkes tersebut. PT Mitra Medidua merupakan supplier PT Indofarma Tbk, yang memenangi proyek alkes tersebut atas penunjukan langsung oleh Siti.

Penunjukan langsung terhadap PT Indofarma merupakan bentuk bantuan Siti terhadap Partai Amanat Nasional (PAN). Pengangkatan Siti sebagai Menteri Kesehatan merupakan hasil rekomendasi Muhammadiyah.

Penunjukan langsung itu bermusa saat Siti pasa September 2005 beberapa kali bertemu dengan Direktur Utama PT Indofarma Global Medika dan Nuki Syahrun, selaku Ketua Soetrisno Bachir Foundation (SBF). Nuki merupakan adik ipar Soetrisno Bachir.

Sutrisno Bachir sebelumnya membenarkan memberikan sejumlah uang terhadap Amien Rais. Namun, dia membantah sumber uang itu dari hasil korupsi Alkes yang tengah menjerat Siti Fadilah. [ind]

Tags

 
x