Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 09:48 WIB

Warga Kepulauan Mulau Serbu Tiket Kapal Gratis

Oleh : - | Sabtu, 10 Juni 2017 | 18:14 WIB
Warga Kepulauan Mulau Serbu Tiket Kapal Gratis
(Foto: Beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Sumenep - Program rutin tahunan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yakni tiket kapal mudik gratis dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Kangean, Sumenep mulai diserbu warga.

"Program mudik gratis ini sangat membantu kami, warga kepulauan yang ingin berlebaran di kampung halaman. Kami benar-benar senang dengan mudik gratis ini. Apalagi tahun ini kapal yang digunakan kapal cepat," kata salah satu pendaftar kapal mudik gratis, Lina, Sabtu (10/06/2017).

Mahasiswa Universitas Wiraraja Sumenep ini mengaku setiap tahun selalu memanfaatkan fasilitas kapal mudik gratis ke kepulauan. Bahkan dirinya langsung mendaftarkan tiket pulang pergi dengan kapal gratis.

"Lumayan banget bisa menghemat pengeluaran. Kalau bayar sendiri, tiket kapal cepat ini sekali berangkat sekitar Rp 180 ribu. Kalau pp sudah berapa? Nah, sekarang bisa gratis, ya saya seneng sekali," ucapnya.

Warga asal Desa Kolo-kolo Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean ini memilih tanggal 19 Juni untuk mudik ke pulau, supaya bisa lebih lama menikmati suasana ramadhan dan lebaran di Kangean.

"Saya kan sudah setahun gak pulang ke pulau. Jadi sekarang ini ingin lebih lama di rumah sebelum lebaran," ujarnya.

Berdasarkan data di posko pendaftaran kapal mudik/ balik gratis, jumlah pendaftar sejak dibuka Selasa (06/06/2017), terbanyak ada pada keberangkatan tanggal 19 Juni 2016 yakni sebanyak 216 orang.

Pemberangkatan awal Kapal mudik gratis rute Kalianget - Kangean tersebut pada tanggal 19 Juni 2017. Selanjutnya, kapal berangkat setiap hari, dan akan 'off' pada hari 'H' Idul Fitri.

"Pendaftaran kapal mudik gratis ini kami layani setiap hari kerja dan jam kerja. Kami mengimbau warga yang akan mengikuti program kapal mudik gratis ini untuk segera mendaftar ke Pelabuhan Kalianget," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Moh. Iksan.

Ia menjelaskan, kapal yang digunakan untuk mudik/balik gratis adalah kapal cepat milik PT Sakti Inti Makmur (SIM). Kapasitas penumpang maksimal yang diijinkan dalam setiap kali keberangkatan kapal adalah 350 orang.

"Karena kapasitasnya terbatas, maka sekali lagi, segera saja mendaftarkan diri ke posko pendaftaran di Pelabuhan Kalianget. Kami juga meminta agar warga kepulauan tidak memaksakan diri naik kapal kalau tidak mengantongi tiket," tandasnya [beritajatim].

Komentar

 
x