Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Agustus 2017 | 06:28 WIB

Amien Rais Terseret Kasus

Pembuktian Hukum Harus Disegerakan

Oleh : Ivan Setyadi | Sabtu, 10 Juni 2017 | 08:23 WIB
Pembuktian Hukum Harus Disegerakan
Pengamat Komunikasi Politik Universita Paramadina, Hendri Satrio
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus segera memperjelas aliran uang korupsi terhadap senior PAN Amien Rais. jika terus dibiarkan, posisi PAN bisa dirugikan jelang gelaran Pilada serentak 2018.

Hal itu seperti disampaikan Pengamat Komunikasi Politik Universita Paramadina, Hendri Satrio.

"Mendesak aparat Segera menuntaskan isu ini, sehingga bila hasilnya tidak sesuai harapan masih ada waktu bagi Pan untuk rebound," ujanya kepada INILAHCOM, Sabtu (10/6/2017).

Meskipun kata Hendri, PAN tidak akan kekurangan stok tokoh jika nantinya Amien harus berurusan dengan lembaga antirasuah lantaran terbukti menerima transferan uang haram dari proyek Alkes di Kementerian Kesehatan.

"Lagi pula kader PAN masih banyak yang kuat, termasuk artisnya," ucapnya.

Amien Rais disebut menerima transferan uang dari proyek Alkes di Kementerian Kesehatan zaman Siti Fadila Supari. Siti sendiri sudah berstatus terdakwa dalam perkara ini.

Alur perkara uang transferan dengan total Rp 600 juta itu dari Yayasan SBF berasal dari PT Mitra Medidua dalam proyek alkes tersebut. PT Mitra Medidua merupakan supplier PT Indofarma Tbk, yang memenangi proyek alkes tersebut atas penunjukan langsung oleh Siti.

Penunjukan langsung terhadap PT Indofarma merupakan bentuk bantuan Siti terhadap PAN. Pengangkatan Siti sebagai Menteri Kesehatan merupakan hasil rekomendasi Muhammadiyah. Penunjukan langsung itu bermula saat Siti pasa

September 2005 beberapa kali bertemu dengan Direktur Utama PT Indofarma Global Medika dan Nuki Syahrun, selaku Ketua Soetrisno Bachir Foundation (SBF). Nuki merupakan adik ipar Soetrisno Bachir.

Sutrisno Bachir sebelumnya membenarkan memberikan sejumlah uang terhadap Amien Rais. Namun, dia membantah sumber uang itu dari hasil korupsi Alkes yang tengah menjerat Siti Fadilah.

 
x