Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 11:34 WIB

Amien Rais Terseret Kasus

Pengaruhnya Besar, PAN Bisa Sulit Jelang 2018

Oleh : Ivan Setyadi | Sabtu, 10 Juni 2017 | 06:54 WIB
Pengaruhnya Besar, PAN Bisa Sulit Jelang 2018
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Amien Rais dianggap masih punya pengaruh besar di Partai Amanat Nasional (PAN). Demikian hal itu disebutkan Pengamat Komunikasi Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio.

"Besar, dia bagian Tak terpisahkan dari berdirinya PAN," katanya kepada INILAHCOM, Sabtu (9/6/2017).

Hal itu bisa dilihat juga lewat reaksi berbagai elit PAN setelah nama Amien Rais disebut terlibat dalam pusara korupsi alkes di Kementerian Kesehatan. Dalam persidangan, nama Amien Rais disebut menerima sejumlah transferan uang dengan total Rp 600 juta.

Sehingga, jika nantinya dalam proses pembuktian, Amien terbukti menerima transferan uang, PAN dipastikan akan repot. Pasalnya seluruh partai politik saat ini tengah sibuk menyonsong Pilkada serentak 2018 serta persiapan pemilu 2019.

Hal itu tentu akan berpengaruh pada elektabilitas PAN yang tengah berjuang masuk jajaran papan atas parpol Indonesia.

"Kalau AR terbukti kepengurusan Zul harus kerja keras agar PAN tidak terhempas dari 8 besar, walaupun Saya tetap yakin kombinasi Zulkifli Hasan-Eddy Soeparno masih bisa menjaga partai," ungkapnya.

Amien Rais sendiri tak tinggal diam dituduh menerima uang korupsi. Dia mengaku siap jika diminta mengklarifikasi asal usul uang dalam rekeningnya tersebut ke KPK. Niatnya bertemu langsung dengan pimpinan KPK beberapa waktu lalu ditolak mentah-mentah.

Komentar

 
x