Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 16:10 WIB

PAN Bisa Untung Dari Kasus Amien Rais

Oleh : Ivan Setyadi | Sabtu, 10 Juni 2017 | 06:20 WIB
PAN Bisa Untung Dari Kasus Amien Rais
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kasus dugaan korupsi yang menyeret nama Amien Rais rupanya tak selalu berdampak buruk bagi Partai Amanat Nasional (PAN).

Sebagai salah satu tokoh di PAN, Amien Rais memang sedang dirundung masalah hukum setelah dalam persidangan, namanya disebut menerima transferan dana haram dari korupsi Alkes di Kementerian Kesehatan.

"PAN justru bisa besar dengan kasus ini asal dikelola isunya dengan benar," kata Pengamat Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio kepada INILAHCOM, Jumat (8/6/2017).

Hendri melihat, kasus Amiesn Rais ini mirip-mirip dengan kasus Pilkada Jakarta lalu."Ada perceived unjustice atau perasaan tidak adil bagi umat," ungkapnya.

"Bila PAN berhasil membuktikan bahwa Amien Rais tidak bersalah maka bukan tidak mungkin mereka akan menjadi partai 5 besar di 2019 nanti mengikuti PKS yang bisa jadi 3 besar karena imbas Pilkada Jakarta lalu," tuntasnya.

Amien Rais disebut menerima transferan uang dari proyek Alkes di Kementerian Kesehatan zaman Siti Fadila Supari. Siti sendiri sudah berstatus terdakwa dalam perkara ini.

Alur perkara uang transferan dengan total Rp 600 juta itu dari Yayasan SBF berasal dari PT Mitra Medidua dalam proyek alkes tersebut. PT Mitra Medidua merupakan supplier PT Indofarma Tbk, yang memenangi proyek alkes tersebut atas penunjukan langsung oleh Siti.

Penunjukan langsung terhadap PT Indofarma merupakan bentuk bantuan Siti terhadap PAN. Pengangkatan Siti sebagai Menteri Kesehatan merupakan hasil rekomendasi Muhammadiyah. Penunjukan langsung itu bermula saat Siti pasa

September 2005 beberapa kali bertemu dengan Direktur Utama PT Indofarma Global Medika dan Nuki Syahrun, selaku Ketua Soetrisno Bachir Foundation (SBF). Nuki merupakan adik ipar Soetrisno Bachir.

Sutrisno Bachir sebelumnya membenarkan memberikan sejumlah uang terhadap Amien Rais. Namun, dia membantah sumber uang itu dari hasil korupsi Alkes yang tengah menjerat Siti Fadilah.

Komentar

 
x