Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 04:34 WIB

Ini Kata Yudi Soal Demokrasi Tak Sesuai Pancasila

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 9 Juni 2017 | 22:06 WIB
Ini Kata Yudi Soal Demokrasi Tak Sesuai Pancasila
Kepala UKP PIP, Yudi Latif - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP), Yudi Latif angkat bicara soal pernyataan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang menilai penerapan demokrasi di Indonesia saat ini tidak sesuai dengan Pancasila.

Menurut Yudi, pernyataan Gatot karena melihat penerapan Pancasila di Indonesia saat ini secara menyeluruh, tidak secara mendalam.

"Ya itu kan, memotret sebagai 'hutan belantara' dari atas. Jadi, mungkin kelihatannya secara keseluruhan tak sesuai Pancasila. Meskipun kalau menyelam ke bawah 'pohonnya' ada yang sesuai, ada yang tidak," jelas Yudi di kantor Kemensetkab, Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2017).

Meskipun demikian, ia pun menyampaikan pandangan yang sama dengan Panglima TNI, yakni demokrasi di Tanah Air belum sepenuhnya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

"Ketika pemimpin bangsa bicara negara barat itu pun model demokrasi liberal. Para pendiri bangsa belajar demokrasi dari barat, misal Skandinavia. Jadi, sekali lagi itu skala besar untuk penyebutan secara cepat bukan sifatnya akademik, untuk politis saja, mengingatkan. Kita positif thinking saja, mengingatkan mungkin demokrasi kita harus lebih disempurnakan," tuturnya.[jat]

Tags

Komentar

 
x