Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 Juli 2017 | 15:47 WIB

KPK akan Minta Bantuan Interpol Periksa Sjamsul

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 8 Juni 2017 | 20:04 WIB
KPK akan Minta Bantuan Interpol Periksa Sjamsul
Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan mengatakan, pihaknya masih mempertimbangkan meminta bantuan pihak interpol untuk menghadikan Sjamsul Nursalim untuk diperiksa terkait perkara dugaan korupsi pemberian surat keterangan luna BLBI Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI).

Sebab, Sjamsul yang berada di Singapura sebalumnya tidak memenihi panggilan KPK untuk dimintai keterangan.

"Nanti kalau memang ada kebutuhan lain, sehingga kami perlu kerja sama dengan Interpol sesuai peraturan hukum yang ada. Tentu kami perlu pertimbangkan secara serius," kata Basaria di Gedung KPK, Kamis (8/6/2017).

Selain meminta bantuan terhadap interpol, pihaknya juga membuka peluang memeriksa bos Gajah Tunggal Tbk. Itu di Singapura. Namun, hal itu belum diputuskan pihaknya.

Sjamsul Nursalim sebelumnya tak penuhi panggilan penyidik KPK sebagai saksi untuk tersangka mantan Kepala BPPN, Syafruddin Arsjad Temenggung.

Sementara Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, KPK menyatakan telah menggandeng lembaga antikorupsi di Singapura yakni, Corrupt Practices
Investigation Bureau (CPIB) untuk menangani masalah ini. Hal itu dilakukan juga untuk memburu informasi persoalan kasus ini yang tersebar di luar negeri.

"Untuk perkara SKL BLBI, kebutuhan pemeriksaan saksi atau pencarian
informasi lain, kami lakukan kerjasama dengan lembaga internasional, baik di Singapura CPIB atau yang lainnya," ujar Febri.[jat]

Tags

 
x