Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 06:06 WIB

Awas Ada Pihak Mentahkan Fakta Gugat Jabatan OSO

Oleh : Willi Nafie | Rabu, 7 Juni 2017 | 20:22 WIB
Awas Ada Pihak Mentahkan Fakta Gugat Jabatan OSO
Oesman Sapta Odang - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Peneliti Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan, Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz mengatakan bila ditelisik dari fakta objektif pengadilan, seharusnya gugatan keabsahan pelantikan Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai pemimpin DPD RI dikabulkan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Karena baik ahli yang dihadirkan memperkuat argumentasi bahwa Wakil Ketua Mahkamah Agung hadir dalam pelatihan Oesman Sapta Odang mengabaikan tatib dan mengabaikan putusan MA itu sendiri, dimana masa jabatan pimpinan DPD selama 5 tahun," kata Donal di Gedung MA, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2017).

Kendati demikian, kata Donal tantangan terbesar adalah adanya invisible hand atau pihak otoritas yang mengintervensi dunia peradilan guna mementahkan argumentasi fakta persidangan.

"Yang paling kami khawatirkan tangan-tangan gelap mempengaruhi putusan PTUN. Maka hari ini kami datang ke MA menuntut pengadilan yang independen, pengadilan yang jujur untuk menegakkan hukum dan keadilan," tegasnya.

Diketahui mantan Wakil Ketua DPD RI Gusti Kanjeng Ratu menggugat pemanduan sumpah Ketua DPD Oesman Sapta Odang oleh hakim Mahkamah Agung ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Adapun putusan gugatan tersebut bakal diputuskan Kamis 8 Juni 2017 besok.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x