Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 23:25 WIB

LSM Kawal Putusan Gugatan Pelantikan OSO

Oleh : Willi Nafie | Rabu, 7 Juni 2017 | 15:46 WIB
LSM Kawal Putusan Gugatan Pelantikan OSO
(Foto: Inilahcom/Willi Nafie)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta bakal menggelar sidang putusan gugatan keabsahan pelantikan Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai pemimpin DPD RI Kamis 8 Juni 2017 besok. Adapun penggugatnya adalah Ratu Hemas sementara tergugat adalah Mahkamah Agung (MA).

Beranjak dari kondisi tersebut sekelompok orang dari berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yakni Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (FORMAPPI), Perkumpulan Pemilu dan Demokrasi (PERLUDEM), Kode Inisiatif, dan Indonesia Corruption Watch (ICW) menggeruduk Kantor MA.

"Karena kekisruan DPD dan pelantikan OSO tidak bisa lepas dari kekeliruan Wakil Ketua MA Yusuf Suwardi yang melantik bersangkutan," kata Koordinator Korupsi Politik ICW, Donald Faris di Gedung MA, Gambir Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2017).

Di samping itu, kata Faris, kedatangan mereka ke MA bukan untuk mengintervensi proses peradilan yang sedang berjalan, tetapi untuk meminta hukum ditegakan seadilnya.

"Invisible hand ini yang paling kami khawatirkan karena takutnya ada tangan-tangan gelap ini mempengaruhi proses peradilan besok," tandasnya.

Sementara itu pantauan INILAHCOM massa yang menganakan pakaian berwarna hitam putih itu menabur berbagai bunga depan Gedung MA sebagai simbol peradilan berada pada posisi hidup atau mati.[jat]

Komentar

 
x