Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Agustus 2017 | 18:05 WIB

Kapolri Akui Anas Dicopot Terkait Taruna Akpol

Oleh : Fadhly Zikry | Senin, 5 Juni 2017 | 14:21 WIB
Kapolri Akui Anas Dicopot Terkait Taruna Akpol
Kapolri Jenderal Tito Karnavian - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mencopot jabatan Irjen Anas Yusuf sebagai Gubernur Akpol. Gubernur Akpol dinilai bertanggung jawab atas tewasnya siswa Akpol, Brigadir Dua Taruna Muhammad Adam akibat kekerasan fisik yang dilakukan seniornya.

"Ya saya berpendapat begitu (bertanggung jawab)," kata Tito di Mabes Polri, Senin (5/6/2017).

Padahal sebelum kejadian tersebut, Tito sempat menyambangi Akpol. Dalam kunjungannya itu, Tito sudah menegaskan agar budaya kekerasan dan pemukulan dihentikan. Tito pun menyesalkan peringatannya tersebut tidak diindahkan.

"Dengan sangat terpaksa mulai dari gubernur sampai dengan pembina lain saya ganti dan minta untuk membuat perubahan yang mendasar, di sana tidak boleh lagi ada kekerasan," ujarnya.

Untuk merubah Akpol, Tito pun melalui telegram rahasia (TR) Juni 2017 menunjuk Kapolda Sumut Irjen Rycko Amelza Dahniel untuk menggantikan Anas. Anas ditarik ke Mabes Polri sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Pembinaan Pendidikan dan Latihan Lemdiklat Polri.

"Jadi (peristiwa) kemarin saya jujur saja agak sangat menyesali peristiwa meninggalnya taruna yang diduga dipukul seniornya itu," tandasnya.

 
x