Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 27 Juni 2017 | 09:01 WIB

Kapolres Ponorogo Larang Penerbangan Balon Udara

Oleh : - | Senin, 5 Juni 2017 | 10:55 WIB
Kapolres Ponorogo Larang Penerbangan Balon Udara
Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmadi - (Foto: Beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Ponorogo - Larangan membuat dan menerbangkan balon udara di Ponorogo yang dikeluarkan oleh Kapolres Ponorogo AKBP Suryo Sudarmadi dikritik. Pro-kontra itu meluncur deras di media sosial, utamanya grup facebook.

Suryo dianggap membunuh pelan-pelan tradisi di Ponorogo tentang balon udara. Padahal beberapa desa sudah melakukan iuran dan mencicil pembuatan balon udara ukuran jumbo.

Karena memang akan diterbangkan nanti saat hari raya idul Fitri. "Yang jelas membuat dan menerbangkan balon udara melanggar Undang-undang penerbangan," kata Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmadi, Senin (5/6/2017).

Dia mengaku, tidak tahu arah angin. Bisa saja menuju Yogyakarta atau Solo yang ada penerbangan. Sehingga mengganggu. Pun adanya komplain dari masyarakat karena hampir membakar rumah. "Juga ada komplain dari perhutani. Semisal jatuh di areal hutan juga menyebabkan kebakaran," katanya.

Untuk sekedar diketahui, Polres Ponorogo memang mengeluarkan himbauan Kamtimbas. Yang isinya warga masyarakat dihimbau tidak membuat dan menerbangkan Balon Udara. Hal itu karena melanggar Pasal 98 UU nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dan juga Pasal 411 Nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan. [beritajatim]

Tags

 
x