Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Agustus 2017 | 21:33 WIB

Menko PMK Tinjau Pengelolaan IT Asian Games 2018

Oleh : Abdullah Mubarok | Minggu, 4 Juni 2017 | 18:07 WIB
Menko PMK Tinjau Pengelolaan IT Asian Games 2018
(Foto: inilahcom/Dok)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah Indonesia saat ini tengah serius mempersiapkan Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta-Palembang, pada Agustus 2018.

Pembangunan infrastruktur, venues, wisma atlet, dan sebagainya pun tak luput menjadi perhatian pemerintah dalam menyukseskan penyelenggaran event olahraga internasional ini.

"Salah satu hal yang sangat penting di dalam penyelenggaraan Asian Games adalah pengelolaan IT," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani saat berkunjung ke SSYANGYONG Information & Communication Corporation (SICC), Korea Selatan, Minggu, (4/6/2017).

"SICC akan menangani pembangunan system informasi yang terintegrasi dalam penyelenggaraan AG 2018 mulai dari scorring digital sampai ke penyajian dan penyebaran hasil yg cepat dan akurat," jelas Menko PMK.

Puan melanjutkan lagi, diharapkan agar SICC juga dapat bekerjasama dengan perusahaan teknologi informasi lokal Indonesia agar bisa ambil bagian dalam penyajian informasi Asian Games 2018 dan agar terjadi transfer teknologi untuk peningkatan kapasitas SDM Indonesia dalam bidang IT.

Masih dalam kesempatan yang sama, Menko PMK beserta rombongan juga melakukan peninjauan ke Incheon International Velodrome. Incheon International Velodrome adalah velodrome yang dipakai dalam penyelengaraan Asian Games 2014 untuk cabang Balap Sepeda (track), memiliki panjang lintasan 333 meter dengan permukaan beton untuk segala cuaca dan bertipe outdoor.

Dijelaskan Puan, saat ini Indonesia sedang membangun velodrome berstandar internasional yang akan mendapatkan sertifikasi dari Asosiasi Sepeda Internasional (UCI).

"Kunjungan ini dilakukan untuk memperoleh informasi terkait pengalaman Korea Selatan membangun velodrome untuk penyelenggaraan event olahraga internasional serta pengelolaannya setelah event tersebut," ucap Menko PMK. [rok]

 
x