Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 Juli 2017 | 15:45 WIB

Paket Umrah Murah Bukan Jaminan

Oleh : Ajat M Fajar | Minggu, 4 Juni 2017 | 00:20 WIB
Paket Umrah Murah Bukan Jaminan
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Jamaah yang hendak melakukan umrah sebaiknya tidak tergiur dengan harga paket yang murah. Alasannya, umrah dengan promosi harga di luar kewajaran, akan melahirkan berbagai persoalan di kemudian hari dan merugikan jamaah itu sendiri.

"Pemerintah sudah memberi batasan harga paket umrah, yakni paling murah sebesar 1.800 dollar, sekitar Rp23 juta rupiah dengan kurs Rp13 ribu," kata pengamat umrah dan haji Muhammad Hidir Andi Saka saat dijumpai di kantornya di kawasan perkantoran Icon Business Park BSD City, Tangerang Selatan, Banten pada Sabtu (3/6/2017).

Pernyataan tersebut disampaikan Hidir menanggapi kasus terlantarnya jamaah umrah karena travel mengiming-imingi harga murah.

Menurut dia, secara logika, tiket pesawat bolak balik Jakarta-Jeddah adalah seribu dolar. Kalau jamaah membayar ke travel sebesar seribu dolar, hal itu hanya habis untuk tiket pesawat.

"Padahal, jamaah umrah membutuhkan uang lebih dari seribu dolar, seperti untuk akomodasi dan konsumsi selama di Mekkah atau Madinah," jelasnya.

Hidir mengatakan menganalogikan dengan jualan mie ayam. Di pasaran, menurut dia, mie ayam dijual Rp15 ribu per mangkok. Kalau ada penjual mie ayam menjual dengan harga lima ribu rupiah per porsi, maka patut dicurigai mie ayam seperti apa yang dijualnya.

"Oleh sebab itu, harus ada edukasi ke masyarakat untuk tidak tergiur dengan biaya umrah yang murah. Itu pasti membuat masalah dan merugikan jamaah itu sendiri di kemudian hari. Masalah yang paling umum adalah jamaah gagal berangkat," kata pria yang juga pemilik Qashwa Tours & Travel ini sambil tersenyum.[jat]

Tags

 
Embed Widget

x