Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 Juli 2017 | 23:39 WIB

Jika Persekusi Dibiarkan

Romi Khawatir Indonesia Jadi Momodemokrasi

Oleh : - | Sabtu, 3 Juni 2017 | 23:31 WIB
Romi Khawatir Indonesia Jadi Momodemokrasi
Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy alias Romi - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy alias Romi mengajak masyarakat tidak melakukan tindakan main hakim sendiri. Karena menurut dia, jika persekusi dibiarkan akan sangat bahaya buat Indonesia.

"Saya minta jangan main hakim sendiri, karena kalau persekusi ini dibiarkan maka negeri ini akan momodemokrasi," kata Romi, Sabtu (3/6/2017).

Anggota Komisi XI DPR itu menjelaskan momodemokrasi adalah kekuasaan yang dijalankan oleh kerumunan massa, sehingga rasa tidak aman itu muncul di semua tingkatan.

"Jika ini terjadi, maka yang dirugikan adalah masyarakat Indonesia karena rasa aman yang sudah ada menjadi tidak aman tersebar kemana-mana," ujarnya.

Menurut dia, aparat tidak mempunyai kekuasaan otoritatif karena semua proses hukum dilakukan oleh massa maka proses hukum akan tumpul. Sebab, hukum hanya tunduk pada kerumunan sehingga berbahaya untuk Indonesia.

Ia mencontohkan jika momodemokrasi dibiarkan itu bisa main hakim sendiri, nanti yang tidak suka dengan suku tertentu bisa mengusir minoritas. Kemudian, yang tidak suka dengan agama tertentu bisa mengusir minoritas, yang tidak suka dengan daerah tertentu bisa mengusut minoritas.

"Kalau ini terjadi NKRI mau dibawa kemana. Karena itu, saya menyerukan hentikan persekusi, hentikan main hakim sendiri, laporkan kepada aparat kepolisian," jelas dia.

Di samping itu, Romi juga mengingatkan kepada aparat kepolisian agar menindaklanjutinya. Karena, perkusi itu muncul lambannya atau merespon seluruh yang dilaporkan.

"Saya paham ada keterbatasan operasional dan keterbatasan anggaran, tapi perhatian publik walaupun itu bentuknya hanya ujaran maka harus ditindaklanjuti secara lebih dini secara efektif," tandasnya.[ris]

Tags

 
x