Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 04:25 WIB

Kepala BIN Harap Pancasila Jadi Pedoman Hidup

Oleh : - | Jumat, 2 Juni 2017 | 17:35 WIB
Kepala BIN Harap Pancasila Jadi Pedoman Hidup
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengajak semua masyarakat untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup sehari-hari dalam menjaga persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mantan Wakapolri itu menjelaskan para founding father bangsa Indonesia telah menyepakati bahwa Pancasila merupakan ideologi dan dasar negara republik tercinta ini, karena mengandung makna sebagai pemersatu bangsa dari Kepulauan Sabang sampai Merauke dalam bingkai NKRI.

"Tidak ada sekat atau dinding pemisah antara bagian barat, tengah dan timur semua menjadi satu dengan satu dasar Pancasila," kata Budi Gunawan di Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Ia mengatakan momentum peringatan hari Pancasila harus diwujudkan dengan komitmen bersama untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila melalui penerapan perilaku yang menjunjung tinggi kebersamaan, kebhinekaan, musyawarah, persamaan derajat, menghargai adanya perbedaan suku, agama, ras.

"Serta mengedepankan semangat gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Maka dari itu, BG mengajak semua masyarakat untuk menanamkan nilai semangat persatuan dan kesatuan yang diaplikasikan dalam kehidupan Berketuhanan Yang Maha Esa, mewujudkan Kemanusiaan yang adil dan beradab di seluruh sektor kehidupan, mengedepankan musyawarah dan mufakat serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Nilai-nilai Pancasila harus terus kita gaungkan, reaktualisasikan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi pola hidup atau way of life seluruh insan Indonesia. Saya Indonesia, Saya Pancasila," tandasnya. [ton]

Komentar

 
x