Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 23:28 WIB

Maruarar: Semua Warga Harus Aman dalam Pancasila

Oleh : Ajat M Fajar | Jumat, 2 Juni 2017 | 13:56 WIB
Maruarar: Semua Warga Harus Aman dalam Pancasila
Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Sumut - Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait mengatakan mayoritas warga Indonesia sangat mendukung Pancasila.

Sehingga hanya sebagian kecil saja yang tidak mau Pancasila dan anti-kebhinekaan. Namun sayang, diantara mayoritas warga yang mau Pancasila ini diam dan menjadi silent majority.

"Saatnya kita melawan terhadap kelompok yang tidak mau Pancasila. Kita jangan diam," ujar maruarar, saat menyampaikan sambutan dalam acara Kirab Budaya TMP di Tapanuli Utara.

Dia menegaskan Pancasila merupakan ideologi bangsa yang tak bisa diubah lagi. Dengan demikian NKRI yang merupakan bentuk negara yang sudah final.

Maruarar menegaskan Pancasila harus menjamin keamanan dan kenyamana semua warga negara. Termasuk di Tapanuli Utara, meskipun jumlah orang beragama Kristen Protestan mayoritas namun harus bisa menjami agama-agama lain menjalankan ibadah dengan aman dan tenang.

"Ber-Pancasila jangan basi-basi. Dan saya bicara dengan Ketua MUI Tapanuli Utara Pak Haji Pandiangan bawa di Tapanuli Utara ini ada 63 masjid. Ini bagus, semua agama harus saling besatu. Jadikan perbedaan apapaun sebagai kekuatan bangsa kita," tegas Maruarar.

Hal senada disampaikan Nikson Nababan. Nikson mengajak semua warga Tapanuli Utara bersatu-padu dalam nenjaga Pancasila. Hal ini sebagaimana telah dilakukan TMP.

"Mudah-mudahan TMP bisa membesarkan partai kita dan ideologi kita ke depan," tegasnya.

Sebelumnya, sekitar 4000 orang meramaikan Kirab Budaya Taruna Merah Putih (TMP) di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Kamis (1/7). Acara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 1945.

Acara yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 1945 ini pun semakin meriah sebab diramaikan dengan ragam penampilan budaya. Yaitu tarian Tor Tor, tarian Nias, tarian etnis Tionghoa, serta persembahan lagu dari etnis Jawa. Tampil juga seorang pengamen dari Sumedang Jawa Barat yang selama ini dibina oleh Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait.

Kirab Budaya ini juga dihadiri sejumlah elemen yang ada di Tapanuli Utara lembaga Adat Dalihan Na Tolu (LADN), Badan Kerjasama Anta Gereja (BKAG), Forum Pembaruan Kebangsaan (FBK), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Ikatan Anak Siborong-Borong (IAS), Federasi Olahraga Karate-do Indonesia, Barisan Relawan Jokowi Presiden (bara JP), Putera Jawa Kelahiran Sumatera (Puja Kesuma), Tornadis ClubSekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Tarutung dan Universitas Sisingamaraja XII Tapanuli Utara.

Selain dihadiri langsung oleh Bupati Tapanuli Utara Nikson Nabanan dan DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara Mangapul Purba, acara ini juga dihadiri oleh para tokoh nasional asal Sumatera Utara. Misalnya anggota DPR dari PDI Perjuangan Nico Siahaan, pengacara Ahok Rolas Budiman Sitinjak dan pengurus DPP TMP Basar Simanjuntak. Acara pun semakin meriah sebab dipandu langsung oleh artis nasional Edo Kondologit.[jat]

Tags

Komentar

 
x