Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 23 Agustus 2017 | 17:00 WIB

Gempa 6.6 SR Guncang Poso Senin Malam

Oleh : Ivan Setyadi | Selasa, 30 Mei 2017 | 00:41 WIB
Gempa 6.6 SR Guncang Poso Senin Malam
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Poso - Gempa bumi berkekuatan 6,6 Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Senin malam sekira pukul 22.35 Wita.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, pusat gempa terjadi pada kedalaman 10 KM pada 1.33 LS 120.41 BT dengan titik gempa pada 38 KM Barat Laut Poso, tepatnya di Desa Wuasa Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso. Meski dirasakan cukup keras namun gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Gempa itu bukan hanya dirasakan di Poso dan sekitarnya. Guncangan gempa juga dirasakan di sejumlah wilayah termasuk di Parigi Moutong, Kota Palu hingga ke Tojo Unauna dan Banggai. Sejumlah warga Palu mengaku panik dan berlarian ke luar rumah. Padahal saat itu Kota Palu tengah diguyur hujan deras.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu Petrus Demon Sili, mengatakan, gempa bumi dirasakan kuat di beberapa daerah. Dia mengimbau masyarakat untuk tenang dan tak terpancing dengan isu-isu menyesatkan. "Khusus masyarakat di daerah pesisir, diimbau agar tidak terpancing isu, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," katanya.

Tags

 
x