Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 11:13 WIB

Demokrat Nilai Densus Tipikor Tidak Tepat

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 26 Mei 2017 | 19:22 WIB
Demokrat Nilai Densus Tipikor Tidak Tepat
Sekretaris Fraksi Partai Demokrat, Didik Mukrianto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sekretaris Fraksi Partai Demokrat, Didik Mukrianto mengatakan wacana dibentuknya Densus Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) oleh Komisi III DPR saat rapat dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian belum tepat.

"Kami berpandangan hadirnya lembaga baru terkait pemberantasan korupsi tidak tepat dan tidak bijak, terlebih lagi amanah konstitusi kita sudah loud and clear," kata Didik, Jumat (26/5/2017).

Anggota Komisi III DPR itu mengatakan yang harus dilakukan sekarang adalah penguatan dan dukungan kepada segenap penegak hukum baik KPK, Kepolisian dan Kejaksaan untuk memainkan peran dan tupoksinya secara maksimal, proper dan adil sesuai dengan amanah konstitusi dan UU.

"Kalau ada yang berpandangan bahwa upaya pemberantasan hukum saat sekarang belum maksimal atau tidak profesional, tidak transparan dan tidak adil tentu ada mekanisme pengawasannya," ujarnya.

Menurut dia, check and balance bisa dilakukan oleh segenap masyarakat termasuk wakil mereka di DPR, KPK, Polisi dan Kejaksaan sebagai institusi penegak hukum yang diberikan kewenangan untuk melakukan pemberantasan korupsi.

"Tentu perlu diberikan masukan serta kritik yang konstruktif agar lebih maksimal dan terhindar dari a buse of power," tandasnya. [ton]

 
Embed Widget

x