Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 02:42 WIB

Taruna Tewas, Kakorbintarsis Akpol Dicopot

Oleh : Agus Irawan | Rabu, 24 Mei 2017 | 18:44 WIB
Taruna Tewas, Kakorbintarsis Akpol Dicopot
Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen Pol Setyo Wasisto - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mabes Polri mencopot Kepala Korps Pembinaan Taruna dan Siswa Direktorat Pembinaan dan Pelatihan (Kakorbintarsis) Akademi Kepolisian (Akpol), Kombes Pol Djoko Hari Utomo.

Keputusan ini dilakukan menyusul insiden penganiayaan yang terjadi di lingkungan Akpol hingga menewaskan Brigdatar Muhammad Adam.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, Djoko dipindahkan ke Mabes Polri untuk mempermudah pemeriksaan keterangannya.

"Jadi bukan dicopot, Kakorbintarsis karena di sana ada taruna dan siswa," kata Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (24/5/2017).

Dia mengatakan, Djoko dipindahkan ke bagian pelayanan markas (Yanma) Mabes Polri. Namun hingga saat ini baru Djoko yang dimutasi pascaindisen tersebut.

Setyo menjelaskan, ditariknya Kombes Pol Djoko ke Mabes Polri karena yang bersangkutan dianggap bertanggung jawab dalam mengurus kebutuhan taruna Akpol tersebut.

"Ini kan kehidupan taruna ya. Yang bertanggung jawab di situ ya yang bersangkutan. Yang ngurus kebutuhan taruna dari bangun tidur sampai tidur lagi," ujarnya.

Sebelumnya, 14 orang tersangka kasus penganiayaan terhadap taruna Akademi Ilmu Kepolisian (Akpol) Brigdatar Muhammad Adam telah menjalani proses persidangan di Dewan Akademik Akpol Semarang, Jawa Tengah.

Persidangan Dewan Akademik memutuskan dan menetapkan 14 orang tersangka diberhentikan secara tidak hormat. Mereka terbukti melanggar peraturan Gubernur Akpol tentang proses pengasuhan senior terhadap junior, soal larangan melakukan kekerasan fisik sampai melakukan penganiayaan.[jat]

Komentar

 
x