Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 06:02 WIB

Komisi III Dorong Kapolri Bentuk Densus Tipikor

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 23 Mei 2017 | 20:15 WIB
Komisi III Dorong Kapolri Bentuk Densus Tipikor
Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmon J Mahesa - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Komisi III DPR menyepakati beberapa hal dalam rapat kerja dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Ruang Rapat Kerja Komisi III Komplek Senayan, Jakarta pada Selasa (23/5/2017). Diantaranya membentuk Densus Tipikor (Tindak Pidana Korupsi).

Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmon J Mahesa mengatakan poin pertama pihaknya mendesak Kapolri untuk segera melakukan evaluasi secara komprehensif sistem pendidikan dan pembinaan Polri pada semua tingkat pendidikan di institusi Polri.

Menurut dia, hal ini dalam upaya peningkatan kualitas lembaga pendidikan Polri guna mewujudkan Polri yang profesional, humanis, bermoral, modern dan terpercaya.

"Serta menempatkan anggota Polri yang tepat pada jabatan kompeten sesuai prestasi tugas agar dilakukan secara transparan dan akuntabel," kata Desmon sebagai pimpinan rapat.

Kemudian, Komisi III mendesak Kapolri untuk bersungguh-sungguh memperhatikan netralitas dan profesionalitas dalam proses penanganan kasus penegakan hukum sehingga tidak terjadi kriminalisasi terhadap perkara yang tidak memiliki cukup bukti. Sehingga tindak pidana tersebut segera dihentikan untuk memenuhi rasa keadilan hukum masyarakat.

"Komisi III mendukung Polri untuk segera membentuk Polda di Provinsi Kalimantan Utara dan pembentukan polres-polres atau polsek-polsek didaerah perbatasan," ujarnya.

Selain itu, Komisi III mendesak Kapolri segera menelusuri berita-berita hoax yang mengakibatkan perpecahan anak bangsa dan segera mengambil langkah tegas secara hukum kepada pihak-pihak yang sengaja menyebarluaskan berita-berita tersebut.

"Komisi III mengupayakan meningkatkan anggaran Polri untuk pengembangan, penguatan kepolisian terutama di bidang informasi teknologi dalam rangka untuk memperkuat kemampuan diskresi," jelas dia.

Terakhir, kata Desmon, Komisi III mendesak Polri membentuk Densus Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) dengan anggaran khusus.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x