Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 11:23 WIB

2019, Kemensos Target Indonesia Bebas Gepeng

Oleh : Ivan Setyadi | Minggu, 21 Mei 2017 | 20:35 WIB
2019, Kemensos Target Indonesia Bebas Gepeng
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Gresik - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menganggap serius permasalah gelandangan dan pengemis (Gepeng) di Indonesia. Oleh karena itu, Kemensos sengaja membuat target Indonesia bebas gepeng.

"Masalah gepeng ini ada target dari Kemensos. Akhir tahun 2019 semua daerah di Indonesia harus bisa bebas dari gepeng," kata Khofifah di Gelora Joko Samudro Gresik, Minggu (21/5/2017).

Program bebas gepeng ini merupakan hasil rapat koordinasi Kemensos dengan Dinas Sosial tingkat provinsi dan tingkat kabupaten kota se-Indonesia. Langkah ini diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan terkait gepeng.

Dalam koordinasi tersebut membuahkan keputusan cara penyelesaian masalah gelandangan dan pengemis. Salah satunya dengan cara menyiapkan perkampungan khusus gepeng.

"Cara yang kami lakukan seperti di kota Malang. Ada perkampungan gepeng yang sekarang jadi wisata seribu topeng. Tiap akhir pekan selalu didatangi wisatawan," ujarnya.

Selain di Malang lanjut Khofifah, model ini telah diterapkan di beberapa daerah. Seperti di Pasuruan, Padang, Kulonprogo dan beberapa daerah lain. Mereka ini adalah daerah yang sudah menyiapkan lokasi untuk pemberdayaan ekonomi dan sosial.

 
x