Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 22:24 WIB

Cegah Harga Melambung, Ini Strategi Bulog

Oleh : Ivan Setyadi | Minggu, 21 Mei 2017 | 15:35 WIB
Cegah Harga Melambung, Ini Strategi Bulog
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) dari Kemendag, Tjahya Widayanti - (Foto: kemendag)
facebook twitter

INILAHCOM, Banten - Guna menghindari kenaikan harga saat Ramadan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Bulog akan langsung mendistribusikan kebutuhan barang pokok ke pedagang kecil melalui operasi pasar murah.

Namun, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) dari Kemendag, Tjahya Widayanti, mengungkapkan tahun ini operasi pasar yang dilakukan pemerintah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Operasi pasar tidak di depan pasar, tapi Bulog langsung masuk ke pedagang. Ada yang berbeda dengan sebelumnya. Bulog justru mensuplai ke pedagang," katanya saat meninjau gudang Bulog Subdrive Serang, Minggu (21/5/2017).

Ditegaskan pula, jika ditemukan perdagangan maupun distributor nakal yang menimbun dan menaikkan harga yang tak wajar, akan diberi tindakan tegas oleh tim Satgas Pangan, yang dibentuk bersama Kepolisian, Kejaksaan dan Pemerintah.

Dia mencontohkan, misalnya harga bawang putih yang ditetapkan pemerintah senilai Rp38 ribu per kg nya. Namun, jika masih ditemukan bawang putih yang dijual mencapai Rp50 ribu per Kg, berarti ada hal bermasalah.

"Kita sedang koordinasi, Disperindag tidak bisa sendiri untuk melakukan operasi pasar. Bawang putih sudah 29 persen kenaikannya," jelas Babar.

 
Embed Widget

x