Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 07:00 WIB

Mensos Target 2019 Indonesia Bebas Gepeng

Oleh : - | Minggu, 21 Mei 2017 | 09:24 WIB
Mensos Target 2019 Indonesia Bebas Gepeng
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INLAHCOM, Gresik - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan tahun 2019 target Indonesia bebas dari gelandangan dan pengemis (Gepeng). Alasannya, persoalan gepeng seakan menjadi problematika bagi setiap daerah di Indonesia.

"Masalah gepeng ini ada target dari Kemensos. Akhir tahun 2019 semua daerah di Indonesia harus bisa bebas dari gepeng," kata Khofifah Indar Parawansa, usai menerima Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Top 99, dari Menpan RB, Asman Abnur, di Gelora Joko Samudro Gresik, Minggu (21/5/2017).

Khofifah menambahkan, program bebas gepeng ini merupakan hasil rapat koordinasi Kemensos dengan Dinas Sosial tingkat provinsi dan tingkat kabupaten kota se-Indonesia. Langkah ini diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan terkait gepeng.

Dalam koordinasi tersebut membuahkan keputusan cara penyelesaian masalah gelandangan dan pengemis. Salah satunya dengan cara menyiapkan perkampungan khusus gepeng.

"Cara yang kami lakukan seperti di kota Malang. Ada perkampungan gepeng yang sekarang jadi wisata seribu topeng. Tiap akhir pekan selalu didatangi wisatawan," ujarnya

Selain di Malang lanjut Khofifah, model ini telah diterapkan di beberapa daerah. Seperti di Pasuruan, Padang, Kulonprogo dan beberapa daerah lain. Mereka ini adalah daerah yang sudah menyiapkan lokasi untuk pemberdayaan ekonomi dan sosial.

Saat ditanya mengenai penghargaan Inovasi pelayanan publik TOP 99 yang diterima Kemensos, Khofifah mengaku bahagia karena inovasi tersebut sebagian besar urusan sosial.

"Tentu bahagia ini menandakan 80 persen penghargaan pelayanan publik terkait layanan sosial. Artinya, resonansi pentingnya layanan langsung pada masyarakat sudah terlaksana," paparnya.

Dalam anugrah Inovasi pelayanan publik top 99, Kemensos meraih penghargaan atas program Risol Gepeng (Rehabilitasi Soasial Gelandangan Pengemis) di daerah Bekasi. Inovasi yang dibuat kemensos dengan membentuk tempat penjangkauan.

"Kami punya sentra pelayanan gepeng di Bekasi. Selain itu juga punya tempat penjangkauan. Dari penjangkauan yang dilakukan Kemensos inilah yang dinilai sebagai langkah inovatif," tandasnya.[beritajatim]

 
x