Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 14:58 WIB

191 Penumpang KM Mutiara Sentosa Dievakuasi

Oleh : - | Sabtu, 20 Mei 2017 | 19:11 WIB
191 Penumpang KM Mutiara Sentosa Dievakuasi
(Foto: Beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Sumenep - Sebanyak 191 penumpang KM Mutiara Sentosa 1 yang selamat dari musibah terbakarnya kapal, dievakuasi KM Dharma Kartika dari Pulau Masalembu, Sumenep, menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Para penumpang selamat yang dievakuasi menggunakan KM Dharma Kartika itu diperkirakan akan tiba pukul 21.00 WIB di Surabaya," kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Suwardi, Sabtu (20/5/2017).

Ia menjelaskan, selain 191 penumpang yang diangkut KM Dharma Kartika, juga ada 2 penumpang lagi yang telah dibawa KM Meratus pada Jumat malam menuju ke Pelabuhan Makassar. "KM Meratus tadi malam ikut membantu proses evakuasi penumpang dari KM Mutiara Sentosa 1. Kebetulan ada 2 penumpang selamat yang langsung ikut ke Makassar," ujarnya.

Sementara jenazah 5 penumpang kapal terbakar masih berada di kantor Syahbandar Masalembu. Menurut rencana, jenazah akan dibawa oleh KM 225 Basarnas. "Proses pencarian di sekitar lokasi terbakarnya kapal masih dilakukan tim Basarnas, karena dikhawatirkan masih ada penumpang yang belum diketemukan," terang Suwardi.

KM Mutiara Sentosa 1 pada Jumat (19/05/2017) terbakar sekitar 3 mil di timur laut Pulau Masalembu. Informasinya, kebakaran kapal terjadi di cardeck. Api semakin lama semakin membesar dan sulit dipadamkan dengan alat pemadam api ringan (apar) dan 'sprinkle'. Nahkoda akhirnya memerintahkan penumpang dan ABK untuk meninggalkan kapal menggunakan sekoci.

Berdasarkan data manifes dari Kesyahbandaran Tanjung Perak Surabaya, KM Mutiara Sentosa I berlayar meninggalkan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan membawa muatan 79 unit kendaraan bermotor terdiri dari truk besar 47 unit, truk sedang 10 unit, mobil kecil 21 unit, dan 2 unit sepeda motor.

Kapal yang dinahkodai Eddy Sarwoto tersebut memuat 37 anak buah kapal (ABK), kemudian 132 penumpang dewasa serta 2 penumpang anak-anak. Namun diduga, jumlah penumpang lebih dari daftar manifes tersebut. [beritajatim]

Komentar

 
x