Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 23 Agustus 2017 | 11:22 WIB

Ini Tujuan Jaksa Kasus Ahok Ajukan Banding

Oleh : Fadhly Zikry | Jumat, 19 Mei 2017 | 18:14 WIB
Ini Tujuan Jaksa Kasus Ahok Ajukan Banding
Jaksa Agung HM Prasetyo - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Jaksa Agung HM Prasetyo memgatakan, pihaknya mengajukan banding dalam kasus penistaan agama dengan terpidana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sesuai standar operasional prosedur (SOP).

"Kita banding. Sudah diputuskan banding. Kita menyatakan banding. Waktu berpikir selama 7 hari, sudah terlewati. Dan sebelum 7 hari, JPU sudah mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi. Saya katakan sekali lagi di sini bahwa banding harus diajukan karena terdakwa banding, itu menjadi SOP kita jaksanya banding," kata Prasetyo di Kejagung, Jumat (19/5/2017).

Prasetyo menuturkan, seandainya Ahok tidak puas dengan banding, maka bisa dilanjutkan ke tingkat kasasi ke Mahkamah Agung. Pasalnya jika Jaksa tidak banding, maka Ahok nantinya tidak dapat mengajukan kasasi.

"Siapa tahu nanti kalau ternyata terdakwa tak puas dengan banding, dia kasasi. Kalau jaksa tak banding, tak bisa kasasi juga mengimbangi langkah mereka," tuturnya.

Kemudian alasan jaksa mengajukan kasasi yaitu untuk menguji dakwaan.

"Kedua, JPU ingin menguji ketepatan pasal mana yang memang harus diterapkan dalam perkara Ahok. Ini kan ada perbedaan kualifikasi pasal yang dibuktikan. Ini harus diuji. Ini menyangkut masalah kebenaran hakiki dan profesionalitas JPU. Jadi biarlah hukum berjalan sesuai koridornya sendiri. Orang lain tak perlu mencampuri masalah ini sebagaimana halnya kita harapkan. Semua pihak bisa menerima dengan baik," tandasnya.[jat]

 
x