Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 28 Juli 2017 | 18:00 WIB

Aksi Ahokers

Langkah Jokowi Kumpulkan Tokoh Sudah Tepat

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 19 Mei 2017 | 07:19 WIB
Langkah Jokowi Kumpulkan Tokoh Sudah Tepat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengumpulkan beberapa tokoh untuk menyelesaikan persoalan setelah vonis dua tahun penjara terpidana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sudah tepat.

"Sudah benar mengumpulkan tokoh lintas agama, meminta supaya menahan diri dari aksi-aksi penolakan seperti penolakan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Gubernur Kalimantan Barat Cornelis," kata Pangi kepada INILAHCOM, Kamis (18/5/2017).

Menurut dia, salah satu cara untuk menyelesaikan persoalan itu semua adalah dengan berdialog dan entitas-entitas itu jangan muncul juga. Sebab, yang menjadi resiko konsekuensi politik ketika persoalan instabilitas tidak selesai itu maka legitimasinya presiden.

"Kan sudah kita apresiasi dan angkat topi lah, presiden mau mengumpulkan tokoh-tokoh agama," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center itu.

Ia menambahkan seharusnya Presiden Jokowi kemarin dari Papua bukan melakukan kunjungan kerja ke Tiongkok, tapi lebih baik mengumpulkan tokoh-tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat.

"Itu supaya bisa menyejukkan, mendinginkan suasana tensi politik menjadi menurun. Kan kasus saling tolak-menolak terjadi di masyarakat kental, apa jika ada yang harus ditindak tegas dan beri sanksi yang ingin merusak kebhinekaan, NKRI dan Pancasila," tandasnya.[ris]

 
Embed Widget

x