Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 27 Mei 2017 | 18:49 WIB

Aksi Ahokers

Jokowi dan Ahok Diadu Domba?

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 19 Mei 2017 | 06:10 WIB
Jokowi dan Ahok Diadu Domba?
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Gubernur DKI non aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan ada pihak yang ingin merusak hubungan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Gubernur DKI non aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) setelah divonis dua tahun penjara kasus penodaan agama.

"Ya pasti ada upaya adu domba, devide et impera," kata Pangi kepada INILAHCOM, Kamis (18/5/2017).

Maka dari itu, Pangi menyarankan aksi-aksi yang dilakukan oleh massa pendukung Ahok atau disebut Ahokers itu harus segera dihentikan supaya tidak memancing kegaduhan dari kelompok lainnya.

"Harus dihentikan, tidak boleh mengadudomba," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center itu.

Namun demikian, Pangi mengaku tidak bisa memastikan apakah Jokowi dengan Ahok terjadi konflik atau pecah kongsi. Menurut dia, tampaknya Ahokers yang orasi menyebut rezim Jokowi lebih buruk dari rezim SBY tak disengaja alias keceplosan.

"Kan Jokowi sama Ahok itu sahabat, cuma Ahokers ngomongnya tidak tahu bisa ngawur itu," jelas dia.

Pasca kekalahan di Pemilihan Gubernur DKI dan vonis 2 tahun penjara dalam kasus penistaan agama, di berbagai kota Indonesia para pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang dikenal dengan Ahokers turun ke jalan dengan tuntutan bebaskan Ahok.

Tak hanya di Indonesia, fenomena tersebut juga terjadi di beberapa negara sehingga belakangan hal-hal tersebut dianggap aneh mulai tercium. Diantaranya, apa yang dilakukan oleh para Ahokers di depan Rutan Cipinang dan kemudian pindah ke depan Markas Korps (Mako) Brimob di Kelapa Dua, Depok.

Mereka melakukan unjuk rasa yang menabrak semua aturan dari pagi sampai tengah malam, parahnya itu semua dibiarkan oleh aparat kepolisian. Bahkan, seorang Ahokers melakukan orasi yang mengecam rezim Jokowi lebih buruk dari rezim SBY.[ris]

 
x