Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 09:06 WIB

Orasi Ahokers Wajar Sebut Rezim Jokowi Buruk

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 19 Mei 2017 | 05:12 WIB
Orasi Ahokers Wajar Sebut Rezim Jokowi Buruk
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago menilai orasi yang dilakukan pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atau yang disebut Ahokers terkait membandingkan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hal wajar.

"Saya kira orang yang membandingkan dan mengkomparasi rezim Jokowi lebih buruk daripada rezim SBY, itu sah-sah saja tidak ada yang dilanggar. Itu kan kebebasan," kata Pangi kepada INILAHCOM, Kamis (18/5/2017).

Menurut dia, sikap Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang merespon berlebihan orasi massa Ahokers yang menyebut rezim Jokowi lebih buruk dari rezim SBY itu malah membuat kegaduhan baru.

"Masa mau menangkap dan menahan Ahokers yang orasi tersebut," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center itu.

Ia menilai kalau sampai hal itu terjadi terhadap pendukung Ahok, yakni ditangkap dan ditahan karena orasi yang menyebut rezim Jokowi lebih buruk dibanding rezim SBY. Sebab, ini akan berimbas bukan hanya kepada massa pendukung Ahok saja tapi seluruh masyarakat.

"Kalau begitu repot juga kedepannya kita, kalau kita membandingkan rezim kemudian masuk penjara kan bukan kondisinya Ahokers atau bukan Ahokers. Mengkritik itu kan ya biasa saja, di SBY dulu bawa kerbau di Bundaran HI tidak ditangkap," jelas dia.

Ia meminta kepada Tjahjo untuk tidak represif dan berlebihan, karena bisa saja hal itu benar sehingga pemerintah harus melakukan benah diri. "Ini tidak boleh represif, terlalu lebay lah ya saya kira. Itu evaluasi bagi pemerintah, jangan-jangan memang benar lebih parah," tandasnya.[ris]

Komentar

 
x