Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 30 Mei 2017 | 10:30 WIB

KPK Sayangkan Pembebasan Jaksa Urip

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 18 Mei 2017 | 17:01 WIB
KPK Sayangkan Pembebasan Jaksa Urip
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyayangkan bebasnya terdakwa kasus dugaan penyalahgunaan bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Urip Tri Gunawan pada 12 Mei 2017 lalu.

Adapun Urip yang merupakan mantan jaksa Kejagung itu menyandang status bebas bersyarat setelah divonis hukuman 20 tahun penjara pada September 2008 lantaran terbukti menerima suap dalam kasus BLBI.

"Kalau bagi KPK, itu sebetulnya pembebasan jaksa Urip kami menyayangkan juga. Artinya begini, ketika majelis hakim menjatuhkan hukuman selama 20 tahun, sementara yang bersangkutan belum ada kan setengahnya menjalani hukuman lalu sudah dibebaskan, dimana efek jeranya?," ujar Alex di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017).

Menurut KPK, Urip benar-benar telah menyalahgunakan kewenangannya sebagai aparat hukum. Untuk itu, sangat diperlukan hukuman yang memberikan peringatan keras baginya.

"Masyarakat menghendaki agar hukuman itu juga mengandung unsur efek jeranya. Bisa memberikan peringatan bagi orang lain. Ketika dia melakukan kejahatan korupsi, akibatnya seperti itu. Apalagi ini kan, aparat penegak hukum," tandasnya.[jat]

 
x